Lihat ke Halaman Asli

Wisno

konsultan finishing

Sofa

Diperbarui: 5 Mei 2023   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sofa bundar, gambar dari koleksi pribadi

Sofa merupakan salah satu perabotan yang paling banyak ditemukan dalam rumah tangga saat ini. Sofa merupakan perabotan yang paling nyaman untuk duduk, istirahat atau bersantai. Meskipun demikian design sofa saat ini bisa beragam dan bisa juga dipasang sebagai furniture untuk ruangan-ruangan yang formal.

Macam-macam sofa

Sofa saat ini bisa dipasang dan disatukan pada berbagai macam bahan dengan berbagai macam model dan bentuk. 

Sofa bisa dipasang pada kursi untuk membuat kursi sofa yang merupakan salah satu furniture yang nyaman sekaligus indah. Berbagai macam model kursi bisa dibangun mulai dari kursi model sederhana sampai dengan kursi klasik dengan bentuk yang kompleks dan penuh ukiran.

Sofa bisa disatukan dengan bench atau bangku, membentuk bench. Sofa bench ini juga bisa dibuat dengan berbagai macam bentuk dan model. Ada sofa bench berbentuk lingkaran, persegi, atau bentuk-bentuk lain.

Sofa bisa juga digabungkan dengan furniture dari rotan, eceng gondok, atau mixed mix media lainnya untuk menghasilkan produk furniture yang unik dan nyaman yang spesial.

Sofa furniture adalah furniture dengan sofa sebagai unsur yang dominan. Kayu besi atau support yang lain yang digunakan hanya nampak sedikit saja atau sama sekali tidak nampak. Ada juga sofa furniture yang seluruhnya dibuat dari spons dan upholstery saja. Sofa ini bisa dilipat membentuk tempat duduk dan bisa dibuka untuk digunakan sebagai matras. Sofa ini merupakan pilihan yang baik untuk mengisi ruangan yang tidak terlalu luas.

Bagian-bagian sofa

  • Spons atau sponge

Spons merupakan bagian dalam dari sofa yang memberi sensasi empuk dan kenyal. Spons adalah bahan yang berpori atau berongga, sehingga ketika menerima beban spons ini akan mengkerut dan memberikan rasa empuk dan nyaman. Spons ini dulu dibuat dari beberapa bahan alam yaitu dari tumbuhan laut, tetapi saat ini spons ini sebagian besar dibuat dari bahan sintetis. 

Spons dari bahan sintetis dapat dibuat dengan karakter dan sifat  sesuai dengan standard yang diinginkan. Sifat dari spons yang paling penting adalah densitas atau kepadatan dari spons. Densitas dari spons ini akan menentukan kekerasan dan kekuatan dari spons. Semakin tinggi densitas dari spons, maka dia akan semakin padat dan semakin kuat tetapi juga akan semakin keras. Pemilihan densitas spons yang digunakan akan menentukan kenyamanan dan keawetan dari sofa yang yang dihasilkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline