Lihat ke Halaman Asli

Wisno

konsultan finishing

Furniture untuk Kamar Tidur

Diperbarui: 7 April 2023   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kamar tidur, ilustrasi diambil dari www.canva.com

Kamar tidur merupakan bagian dari rumah tinggal yang sangat penting, sebagian besar orang membangun rumah terutama sebagai tempat untuk istirahat. Untuk tidur saja, orang sudah menghabiskan sekitar 8 jam sehari, belum lagi masih ada kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan di kamar tidur ini.  Terlebih bagi generasi rebahan, yang banyak melakukan aktifitas -aktifitas lewat HP sambil rebahan, maka kamar tidur bisa jadi merupakan ruang favorit bagi mereka untuk menghabiskan waktu.

Seperti juga ruangan yang lain, kamar tidur juga membutuhkan furniture yang tepat untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Berikut ini beberapa furniture yang memang dibuat untuk melengkapi kamar tidur. 

  • Bed atau tempat tidur

Fungsi utama kamar tidur adalah sebagai tempat untuk beristirahat, tidur atau bermalas-malasan. Bed atau tempat tidur adalah merupakan perabotan utama dalam kamar tidur. Untunglah pada saat ini, pemilihan bed bisa dilakukan dengan lebih mudah. Ada banyak sekali jenis dan macam bed, yang bukan saja menawarkan kenyamanan, tetapi juga keindahan dan unsur dekoratif. 

Bed ini merupakan salah satu furniture yang paling memakan tempat dalam kamar tidur dan memberikan porsi yang sangat besar dalam membentuk dekorasi ruangan. Karena itu pemilihan bed harus dilakukan dengan baik. Pertimbangkan luas ruangan untuk memastikan bed bisa mengisi ruangan dengan pas. Jenis dan model dari bed bisa disesuaikan dengan pilihan dekorasi yang diinginkan dari ruang tidur. Pada saat ini ada banyak tersedia banyak ragam dan model bed yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. 

  • Almari atau kabinet

Perabotan yang lain yang biasa mengisi kamar tidur adalah kabinet atau almari. Ruang tidur adalah ruang yang bersifat privat, ada banyak perlengkapan dan kebutuhan pribadi yang disimpan dalam kamar tidur. Almari atau kabinet-kabinet atau rak adalah perabotan yang paling tepat untuk digunakan untuk menyimpan benda-benda pribadi.

  • Meja kecil atau meja rias

Kamar tidur juga merupakan tempat untuk merias atau mematut diri yang membutuhkan peralatan-peralatan rias dan perlengkapannya. Satu meja rias atau kabinet kecil bisa merupakan tempat yang cocok untuk menyimpan dan meletakkan peralatan dan bahan-bahan rias.

kabinet putih, gambar dari www.canva.com

  • Cermin

Kamar tidur seringkali juga digunakan sebagai tempat untuk merias, karena itu cermin menjadi perabotan yang dibutuhkan di kamar tidur. Cermin ini akan sangat membantu bagi para wanita atau ibu-ibu yang pengin merias diri. Bagi pria atau wanita yang tidak suka merias, maka cemin masih berguna untuk membantu mengenakan pakaian dan mematut diri. 

  • Night stand

Night stand adalah kabinet kecil sebagai tempat meletakkan lampu tidur, dengan atau tanpa laci dibawahnya. Dulu ketika lampu mempunyai ukuran relatif besar dan membutuhkan tempat penopang yang cukup, maka night stand ini merupakan perabotan yang penting dalam kamar tidur. Pada saat ini ketika lampu tidur tidak lagi berukuran besar dan berat, dan bisa dipasang dimana saja, maka keberadaan night stand lebih ditujukan untuk membangun dekorasi ruangan. 

  • Meja kerja atau meja belajar

Bagi orang-orang yang masih harus mengerjakan tugas di rumah, maka diperlukan meja sebagai tempat untuk bekerja. Meja kecil yang bisa digunakan untuk meletakkan laptop, sudah cukup untuk kebutuhan ini. Apabila yang menempati ruangan adalah anak sekolah, maka bisa dipasang meja belajar dengan model dan ukuran bisa dipilih sesuai dengan kondisi ruangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline