Lihat ke Halaman Asli

Sarah Ito

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 20 Batam

Penerapan Project Based Learning dan Langkah-Langkahnya

Diperbarui: 10 November 2022   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran berbasis HOTS dan berpusat pada siswa dengan cara mengadakan proyek. Proyek yang dihasilkan bisa dalam bentuk produk dan hasil karya. Proyek dalam bentuk produk dalam pembelajaran bahasa Inggris bisa berupa hasil tulisan berupa buku/makalah, video, dan lain sebagainya. Sedangkan  contoh proyek yang menghasilkan karya bisa berupa drama dalam pembelajaran narrative text, hasil lukisan seni rupa 2 dimensi pada pembelajaran Seni dan Budaya, dan lain sebagainya.

Model pembelajaran PjBL terdiri dari 6 langkah pembelajaran yaitu:

1.  Pertanyaan Mendasar

Pada langkah ini guru menyampaikan topik/materi yang akan dibahas dan menanyakan kepada siswa bagaimana cara menyelesaikannya. Sedangkan peran siswa dalam langkah ini diminta untuk mengajukan pertanyaan yang mendasar mengenai apa yang harus dilakukan siswa terhadap topik/materi.

2. Mendesain Perencanaan Produk

Dalam langkah mendesain perencanaan produk guru mengarahkan siswa mengenai proyek apa yang akan dilaksanakan. Selain itu, guru juga memastikan siswa mengetahui produk/pertunjukan apa yang akan dilakukan dalam kegiatan proyek tersebut. Kemudian siswa berdiskusi menyusun rencana proyek meliputi persiapan sumber materi, bahan, alat, media serta pembagian tugas untuk setiap siswa dalam pembuatan proyek tersebut.

3. Menyusun Jadwal Pembuatan

Setelah berdiskusi mengenai desain perencanaan produk, siswa dan guru melakukan kesepakatan mengenai jadwal dalam pembuatan proyek. Penyusunan jadwal ini diperlukan agar siswa fokus pada pembuatan proyek hingga selesai sesuai jadwal dan waktu yang ditentukan. Penyusunan jadwal bisa dihitung dari proses mendesain perencanaan produk, proses perkembangan proyek hingga menguji hasil dan proses evaluasi pengalaman belajar. 

4. Memonitor Keaktifan dalam Pelaksanaan Proyek

Di langkah selanjutnya guru memonitor kontribusi dan keaktifan siswa dalam melaksanakan proyek, realisasi perkembangan proyek serta memfasilitasi siswa jika para siswa mengalami kesulitan dalam melaksanakan proyek. Sedangkan siswa pada langkah ini melakukan proyek sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Mencatat setiap tahapan dan mendiskusikan permasalahan yang muncul pada saat pelaksanaan proyek. Siswa bisa bertanya pada guru setiap mereka mengalami kesulitan dalam melaksanakan proyek.

5. Menguji Hasil Proyek

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline