Lihat ke Halaman Asli

Sarah Pertiwi

mahasiswa UPI

Pembagian Masker Kain sebagai Upaya Pencegahan Covid-19

Diperbarui: 1 Juli 2020   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.mahasiswa

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia melakukan pembagian masker kain dan bingkisan kecil kepada warga RT 05 RW 09 Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh Sarah Pertiwi, Mahasiswa semester 6 Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, jurusan akuntansi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19. Sarah melaksanakan kegiatan ini karena ingin membantu warga RT 05 yang kondisi perekonomiannya terdampak karena adanya Covid-19. Selain itu pembagian  masker kain diberikan kepada warga RT 05 yang masih bekerja di luar rumah karena perekonomiannya tergantung dari pendapatan harian.

Dalam pelaksanaannya, langkah awal yang dilakukan Sarah adalah mendata warga-warga yang perekonomiannya terdampak Covid-19 dan masih bekerja di luar rumah. Data-data tersebut didapat dari Ketua RT 05. Lalu setelah itu Sarah mulai merencanakan berapa masker kain yang akan dibuat dan isi bingkisan yang akan diberikan kepada warga RT 05.

Dalam pembuatan masker kain, Sarah bekerja sama dengan salah satu tetangga yang berprofesi sebagai penjahit yaitu Bapak Mamat. Sarah memperlajari cara membuat masker kain dari Pak Mamat dan juga dari youtube.

 Total masker kain yang telah dibuat adalah 40 pcs. Selain masker kain, sarah juga memberikan bingkisan yang berisi gula kg, biskuit, mie goreng, teh celup, serta kecap.  Masker kain dan bingkisan tersebut akan dibagikan kepada 20 warga RT 05 yang membutuhkan. Sarah bekerja sama dengan Ibu Tina selaku kader RT untuk membagikan masker kain dan bingkisan kepada 20 warga RT 05. Kegiatan ini disambut baik oleh warga RT 05. Sarah pun senang karena bisa membantu warga RT 05 yang membutuhkan.

Selain itu Ibu Yulia Puspita, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengapresiasi kegiatan yang telah Sarah lakukan. Karena kegiatan KKN saat ini dilakukan individu berbeda dari biasanya yang selalu dilaksanakan per kelompok. Meskipun begitu Sarah tetap antusias menjalankan KKN Tematik Covid-19. Selain itu, meskipun para mahasiswa melaksanakan kegiatan secara daring, tapi dengan adanya KKN Tematik Covid-19 ini membuktikan bahwa mahasiswa UPI masih bisa mengabdi pada masyarakat disekitarnya.   

  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline