Lihat ke Halaman Asli

Pengembangan Paragraf

Diperbarui: 2 Februari 2024   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENGEMBANGAN PARAGRAF KLASIFIKASI DARI BERBAGAI REFERENSI, SUMBERNYA DAN CONTOHNYA

Pengembangan paragraf dalam KBBI artinya suatu karangan yang biasanya memiliki satu gagasan dan biasanya dimulai dengan aline baru. Disini saya akan menjelaskan beberapa referensi  yang saya pahami dari berbagai sumber tentang pengembangan paragraf, dari beberapa jenis cara pengembangan paragraf saya mengambil satu jenis cara pengembangan paragraf yaitu pengembangan paragraf klasifikasi.

Berikut pengertian dari pengembangan paragraf klasifikasi yang telah saya rangkum :

  •  pengembangan paragraf klasifikasi dimana ini merupakan suatu metode dengan cara menggolongkan ,mengelompokkan bermacam-macam subjek dalam suatu sistem kelas atau membagikan suatu hal yang menjadi inti informasi tersebut.
  • Pengembangan paragraf klasifikasi juga dapat dimaksudkan dengan mengelompokkan sesuatu dalam kelompok-kelompok tertentu yang berdasarkan satu kriteria.
  • Pengembangan paragraf klasifikasi dapat dikembangkan apabila sebuah gagasan-gagasan yang akan diungkapkan dalam suatu paragraf tersebut dapat dikelompok-kelompokkan berdasarkan kesamaan-kesamaan.

contoh pengembangan paragraph dengan klasifikasi :

" pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 5 juta rupiah. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 10 juta rupiah. Calon peneriman bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM. Penentuan warga yang mendapat bantuan diesuaikan dengan tingkat kemampuan warga tersebut. ( hikmah, 2013: 66-67).

Penjelasan : paragraf diatas termasuk dalam paragraph klasifikasi karena membahas dengan mengelompokkan informasi seputar bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa kedalam kategori-kategori tertentu, seperti tingkat kerusakan rumah,besaran bantuan yang diterima oleh warga,dan proses penentuan penrima bantuannya .

Sumbernya : 

-Dr.syamsul alam, M.Pd. , buku "pengembangan keterampilan menulis" .tahun terbit digital 2021,

 -Journal pola pengembangan paragraf pada teks bacaan dalam buku pelajaran bahasa indonesia , oleh citra winda ulvia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 

 -Pengembangan Paragraf Dan Kualitasnya Pada Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Jambi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline