Lihat ke Halaman Asli

Wow! Dahlan Iskan Menunjuk Anak Muda Berusia 28 Tahun sebagai CEO BUMN

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kemarin sore saya membaca berita di salah satu portal berita nasional, isi beritanya tentang penunjukan anak muda berusia 28 tahun menjadi seorang CEO di BUMN oleh menteri BUMN Dahlan Iskan. Agak kaget juga membaca berita ini, masa iya seorang anak muda berusia 28 tahun di angkat menjadi CEO di salah satu perusahaan BUMN. Apakah ia mampu memimpin sebuah perusahaan BUMN, gumam saya dalam hati.

Tentu keheranan saya ini wajar saja. Sebab sebelumnya saya belum pernah mendengar seorang menteri BUMN mengangkat anak muda berusia 28 tahun menjadi CEO BUMN. Posisi CEO adalah posisi strategis dalam sebuah perusahaan. Maju mundurnya sebuah perusahaan ditentukan oleh kebijakan yang diambil oleh CEO pada perusahaan tersebut. Anak muda berusia 28 tahun itu bernama Laily Prihatiningtyas yang ditunjuk Dahlan Iskan menjadi CEO atau Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Tugasnya nanti adalah mengelola ketiga objek wisata itu berdasarkan petunjuk teknis Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Menurut Dahlan Iskan penunjukan itu berdasarkan kinerja yang diperlihatkan Tyas. Tyas memiliki kemampuan akademik yang baik, oleh sebab itu ia mempercayakan Tyas memimpin PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Sebelumnya sang Direktur muda tersebut merupakan salah satu pegawai di BUMN. Dahlan Iskan berujar ini merupakan sinyal bagi generasi muda bahwa BUMN tidak segan-segan mengangkat generasi muda asal mempunyai kompetensi maka tidak ada kata tidak untuk mempercayakan jabatan strategis kepada generasi muda.

Sebelumnya penunjukan seorang CEO muda BUMN ternyata pernah juga terjadi. Menurut Dahlan Iskan, ia sebelumnya juga pernah menunjuk Ibnu Najib yang berusia di bawah 30 tahun untuk menjadi CEO BUMN Semen Kupang. Tapi sayangnya ia menolak dengan alasan tidak berani mengemban jabatan yang ditunjuk menteri BUMN kepadanya. Padahal ia telah lulus dalam proses fit and proper test.

Penunjukan CEO muda oleh menteri BUMN Dahlan Iskan membuktikan bahwa generasi muda kini mendapatkan kepercayaan penuh oleh BUMN. Saya sebagai generasi muda merasa ikut bergembira dengan kepercayaan yang diberikan menteri BUMN kepada generasi muda. Penunjukan ini juga membuktikan bahwa generasi muda adalah bagian dari kemajuan bangsa. Tempatnya bukanlah sebagai elemen pelengkap saja tetapi ia merupakan bagian utama motor penggerak bangsa ini. Rasanya tidak ada salahnya kalau kita memberi selamat kepada sang CEO muda baru ini, semoga ia bisa mengemban tugasnya dengan baik. Semoga juga nanti ke depan Dahlan Iskan juga dapat mempercayakan anak-anak muda lainnya menjadi bagian perubahan BUMN yang lebih maju dan bersih. Bravo pak Dahlan!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline