Lihat ke Halaman Asli

Di Balik Iklan yang Mengagumkan

Diperbarui: 16 Mei 2023   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: consultantsreview.com


Iklan adalah sebuah media komunikasi yang ditujukan untuk menginformasikan, mengedukasi, dan meyankinkan individu terkait sebuah produk atau bisnis. Iklan juga merupakan bagian alat pemasaran dalam sebuah elemen bisnis, di mana iklan menjadi sebuah media yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengenalkan produk atau jasanya agar dapat diketahui oleh masyarakat.

Kunci dari sebuah iklan yang sukses bukan dari seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dalam membuatnya, atau bukan dari seberapa terkenalnya model figure yang digunakan dalam iklan tersebut. Kesuksesan sebuah iklan digambarkan melalui iklan yang kreatif dan efisien.

Iklan kreatif adalah jiwa dari suatu periklanan dan branding dari sebuah produk yang diiklankan, di mana iklan yang kreatif dapat dikenang oleh audiens dalam waktu yang lama, bahkan bisa memunculkan rasa kecintaan terhadap iklan tersebut yang kemudian memiliki dampak berganda pada penjualan dari produk tersebut.

Sumber: https://marjan.id/product/

Contoh sederhana dari iklan yang memiliki tempat dihati para audiens adalah produk Sirup Marjan yang iklannya muncul saat mendekati bulan Ramadahan. Audiens atau konsumen bahkan sangat menantikan iklan tersebut tayang di layar televesi mereka masing-masing.

Dengan inovasi yang selalu dilakukan secara terus-menerus melalui iklan yang muncul setiap tahunnya dan disajikan dengan alur cerita dan pesan yang kuat, membuat produk ini memiliki memori kenangan yang berbekas dihati para audiens.

Tentu ini menjadi branding yang kuat bagi produk tersebut karena ketika konsumen ingin membeli produk sejenis maka yang dipikirkan konsumen adalah merk dari produk tersebut.

Warner dan Peter dalam tulisannya yang berujudul Creativity in Advertising: When it Works and when it Doesn't melakukan penelitian terhadap 437 campaign iklan TV pada 90 merk barang konsumen di jerman pada periode januari 2005 -- oktober 2010 untuk melihat kreativitas iklan dan angka penjualan produk.

Hasilnya menunjukkan bahwa kreativitas dalam iklan lebih efektif dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli barang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline