Lihat ke Halaman Asli

Hb. Sapto Nugroho

Hidup ini adalah Pikink ( Selalu senang dan bersyukur ), sementara tinggal di Tokyo

Buah Apel Pun Disandingkan dengan Bunga

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

[caption id="attachment_140825" align="aligncenter" width="600" caption="Karangan Bunga dan Apel di depan tempat pemesanan iPhone 4S"][/caption] Hari sabtu 8 Oktober 2011, di pusat kota Tokyo yaitu di daerah Ginza persis di depan sebuah toko banyak berjejer karangan bunga.  Selain karangan bunga disandingkan juga beberapa buah apel.  Suatu pemandangan yang sangat jarang buah apel banyak ditempatkan di samping bunga untuk memberikan penghormatan dan doa untuk orang yang meninggal dunia. Tak lain dan tak bukan, karangan bunga dan buah apel itu disampaikan untuk Steve Jobs yang meninggal beberapa hari yang lalu.  Di  Jepang sendiri penjualan iPhone 4S baru dilakukan tanggal 14 Oktober, akan tetapi pemesanan sudah mulai dilakukan mulai tanggal 7 Oktober 2011.  Berbeda dengan sebelumnya, kali ini provider atau operator yang melayani penjualan tidak hanya SoftBank, akan tetapi  KDDI juga mulai melayani produk iPhone ini.  Dengan dua operator ini maka pemakai iPhone diperkirakan akan semakin bertambah banyak. Menurut data terakhir tahun 2011, dari jumlah seluruh pemakai mobile phone di Jepang, SoftBank memiliki 22% dan KDDI mempunyai 27 %, sedangkan Docomo sejumlah 47%.  Data ini menunjukan bahwa SoftBank mengalami kemajuan sebesar 3% dibandingkan tahun 2008 yang hanya 19%.  KDDI ingin mendongkrak jumlah pelanggannya dengan ikut serta bersaing dengan memasarkan iPhone. Meskipun belum semua fungsi baru iPhone 4S sudah diterjemahkan dalam bahasa Jepang, misalnya auto mail reading dan responding dengan suara, akan tetapi para pemesan sudah memenuhi toko2 yang melayani penjualan iPhone. Dengan hadirnya dua operator ini maka orang menjadi tertarik akan persaingan harga yang terjadi.  Di Jepang iPhone tidak dijual bebas terpisah, akan tetapi iPhone hanya bisa didapat dengan berlangganan telpon ke provider.  Harga merupakan kombinasi total selain fungsi telpon, fungsi lain yang sangat dominan yaitu "data transfer" yaitu untuk berbagai komunikasi via internet ( web, mail  dan online applikasi ).  Dengan sistem kontrak berlangganan selama 2 tahun, iPhone jenis 32GB ( diluar biaya telpon ) KDDI menjual dengan harga 10.320 yen dan Softbank menentukan harga  11.520 yen.  Meskipun harga Softbank lebih mahal, akan tetapi harga langganan paket data transfer per bulannya lebih murah.  Paket data transfer dari SoftBank 5.705 yen,  sedangkan KDDI 6.075 yen. Konsumen tinggal memilih yang mana, tentunya selain harga, faktor pelayanan serta mutu atau kekuatan sinyal dari provider sangat menentukan. Sumber Foto: Diana Sanjoto Tulisan ini diangkat di KOMPAS.COM dengan link http://tekno.kompas.com/read/2011/10/11/1230271/Karangan.Bunga.dan.Apel.buat.Steve.Jobs [caption id="attachment_140827" align="aligncenter" width="600" caption="Suasana sebuah toko di Ginza "][/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline