Lihat ke Halaman Asli

Artis “Nyaleg”

Diperbarui: 24 Juni 2015   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pemilu 2014 kian semakin dekat. Dapat kita lihat mulai banyak artis yang banyak melakukan verifikasi data diri ke KPU. Bukan menjadi hal yang aneh lagi ketika mulai banyak artis yang muncul memberanikan diri untuk mendaftar sebagai calon legislatif. Di negara demokrasi seperti Indonesia ini, setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk menjadi anggota dewan perwakilan rakyat.

Selain itu, fenomena menjamurnya artis yang berbondong-bondong pindah halauan dari dunia entertainment ke ranah politik juga tidak lepas dari peran poitik yang mengusung mereka. Kebanyakan, partai politik yang mengusung atau merekrut para artis untuk mendongkrak elektabilitas partai menjelang pemilu 2014. Dengan adanya artis yang mereka usung, setidaknya partai politik dapat menghemat biayadalam berkampanye. Karena melalui ketenaran mereka (artis), secara tidak langsung partai politik yang menaungi mereka juga akan menjadi terkenal.

Namun dari semua itu ada hal yang penting yang harus kita cermati. Semoga artis dalam mencaolonkan diri sebagai anggota legislatif tidak hanya sekedar aji mumpung atau hanya menfaatkan ketenarannya sebagai seorang figur publik yang dikenal banyak orang melalui industri hiburan. Tetapi artis mencalonkan diri sebagai anggota dewantergerak dalam hati,dansepenuhnya mengabdi pada negara dan yang lebih penting mereka mempunyai kapabilitas dalam mewakili dan menyampaikan aspirasi masyarakat jika nantinya mereka terpilih untuk untuk menjadi dewan.

Jangan sampi ketika para artis sudah terpilih, pikiran dan kinerja mereka masih terpecah antara dunia politik dengan dunia mereka yang dulu, yakni dunia keartisan. Dapat di bayangkan jika para artis masih mencampur adukan antara urusan dunia gemerlap keartisan dengan politik, maka akan di bawa kemana aspirasi masyarakat yang telah dititipkan pada mereka. Seyogyanya, ketika artis sudah memutuskan untuk terjun ke ranah politik, artis tersebut seharusnya sudah siap dengan konsekuensi untuk melepas cap seorang entertainment yang melekat pada dirinya sebagai seorang artis dan fokus untuk mengabdi pada negara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline