Lihat ke Halaman Asli

Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa di Kelas

Diperbarui: 2 Desember 2022   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa saat pembelajaran di kelas adalah sebagai berikut :

1. Penggunaan metode, model dan teknik mengajar guru yang belum menarik

Sebagai seorang guru kita dihadapkan dengan kemajuan teknologi dan peserta didik yang berkemajuan. Guru yang berhasil di kelasnya mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dikelas. Sebagai seorang guru kita dituntut untuk terus berinovasi, introspeksi diri, dan memperbaiki setiap kegiatan yang kita lakukan. penggunaan metode, model dan teknik yang sesuai akan membuat kelas terasa menyenangkan dan hidup. Oleh karena itu, guru harus terus memperbarui kegiatan di kelas untuk mendorong siswa mampu termotivasi untuk belajar.

2. Penggunaan media pembelajaran

Media pembelajaran yang bervariatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik mampu mendorong siswa untuk aktif di kelas dan mengikuti setiap aktivitas siswa di kelas. Penggunaan media yang dimaksud bukan hanya buku paket yang disediakan oleh sekolah, tapi seorang guru harus mampu membuat dan menyediakan media yang menarik sesuai kebutuhan siswa.

3. Faktor intrinsik dari diri seorang peserta didik

Kemampuan yang berbeda-beda menimbulkan banyak motivasi yang timbul secara bervariatif oleh peserta didik. Didukung oleh orang-orang terdekat mereka, seperti orangtua dan teman juga mempengaruhi mereka dalam mengembengkan potensi yang ada di dalam tubuh mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline