Lihat ke Halaman Asli

SAPITRI RIANTI

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik UPI 2023: Peningkatan Literasi di SDN 1 Sirnagalih, Cisurupan, Garut

Diperbarui: 12 September 2023   10:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

KKN Tematik UPI 2023 Kelompok Desa Sirnagalih melakukan seminar dengan tema Literasi dan Perpustakaan di SDN 1 Sirnagalih yang terletak di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut pada hari Sabtu (19/8/2023). Sasaran dari kegiatan ini yaitu murid kelas IV, V, dan VI yang diharapkan paham akan pentingnya literasi dalam proses belajar mereka. Untuk mendukung kegiatan ini kelompok KKN Desa Sirnagalih menggandeng Duta Baca Kabupaten Garut sebagai pemateri karena dirasa akan lebih paham mengenai penyampaian betapa pentingnya literasi dan perpustakaan.

Dokumen Pribadi

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Setelah mengikuti beberapa kali kegiatan belajar mengajar dengan murid, diketahui permasalahan mengenai minat dalam proses membaca siswa siswi SDN 1 Sirnagalih masih kurang sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkannya. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu membuat seminar mengenai literasi dan perpustakaan serta dengan membuat ruang perpustakaan sekolah lebih menarik, dikarenakan perpustakaan yang sudah ada di sekolah ini masih kurang dikunjungi oleh siswa.

Dokumen Pribadi

Langkah yang diambil dalam membuat perpustakaan lebih menarik agar banyak dikunjungi oleh siswa salah satunya yaitu dengan membuat pohon cita cita, hal ini didukung juga oleh duta baca kabupaten garut bahwa adanya cita-cita dapat menjadi salah satu penyemangat dan pendorong motivasi siswa agar semangat belajar dan membaca. Tahap awal dalam menggapai cita-cita adalah dimulai dari membaca atau belajar mencari informasi dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari (Literasi).

dokpri

Dengan seringnya para siswa datang ke perpustakaan ini, mereka dapat terpacu untuk membuka jendela dunia baru melalui buku-buku yang ada di perpustakaan. Dengan itu, para siswa dapat meningkatkan wawasan yang lebih luas lagi, bukan hanya pengetahuan yang mereka dapatkan pada kegiatan belajar mengajar di kelas.

Setelah dilakukan kegiatan seminar Literasi dan Perpustakaan serta pembuatan Pohon Cita-Cita, beberapa siswa terlihat mengunjungi perpustakaan dan memilih beberapa buku lalu dibaca bahkan dipinjam dan dibawa kerumah untuk dibaca dirumah mereka. Memang pada dasarnya kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan sumber utama siswa untuk memperoleh pengetahuan, tetapi mencari tahu pengetahuan sendiri juga tidak kalah penting dilakukan untuk siswa. Maka diharapkan setelah kegiatan ini siswa SDN 1 Sirnagalih dapat lebih semangat melakukan literasi dan mengunjungi perpuskaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline