Mahasiswa KKN UNDIP mengadakan sosialisasi menjelaskan tentang Pembukuan Logistik dan Keuangan agar mempermudah perjalanannya para Home Industri Roti di Desa Weru
Kamis, 1 Februari 2024 | 10.00
Penulis: Saphira | Editor: Saphira
Dalam Pembuatan laporan kepada Home Industri Roti Mahasiswa KKN UNDIP menjelaskan 3 laporan yang terdiri dari laporan pemesanan, laporan logistik, laporan keuangan.
1. Laporan Pemesanan
Laporan pesanan merupakan dokumen penting dalam bisnis yang memungkinkan perusahaan dapat melacak pesanan yang dilakukan oleh pelanggan. Laporan ini tidak hanya membantu mengelola inventaris tetapi juga memungkinkan perusahaan dalam merencanakan produksi hingga pengiriman dengan lebih efisien.
Langkah-langkah dalam pembuatan laporan pemesanan yaitu:
a. Informasi tentang produk atau layanan yang dipesan
b. Informasi pelanggan, termasuk detail kontak.
c. Jumlah pesanan
d. Tanggal pemesanan dan perkiraan tanggal pengambilan
2. Laporan Logistik (Stock Barang)
Laporan stok barang yaitu suatu alat yang penting bagi para pebisnis untuk memahami jumlah barang yang tersedia, jumlah yang terjual, dan kebutuhan persediaan barang di masa depan.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa laporan stok barang sangat penting:
1. Pemantauan Barang: Laporan barang yang memungkinkan untuk para pebisnis agar dapat memantau hasil stok barang pada gudang mereka dengan mengetahui berapa banyak barang tertentu yang tersedia, bisnis dapat menghindari kekurangan atau kelebihan stok persediaan yang tidak perlu.
2. Perencanaan Keuangan: dengan membuat laporan stok barang dapat membantu dalam perencanaan keuangan dengan memberikan informasi tentang nilai persediaan yang dimiliki oleh para pebisnis yaitu berupa informasi penting agar dapat menyusun anggaran dan merencanakan pembelian barang baru.
Langkah-langkah membuat laporan logistik (stock barang) yaitu:
1. Catat Data Masuk dan Keluar Barang: Setiap kali ada barang masuk atau keluar dari persediaan, pastikan untuk mencatatnya dengan teliti. Informasi yang perlu dicatat termasuk jumlah barang, tanggal transaksi, harga per unit, dan keterangan tambahan jika diperlukan.
2. Hitung Persediaan Akhir: Pada akhir periode laporan, hitung jumlah persediaan akhir untuk setiap kategori barang. Persediaan akhir adalah jumlah barang yang tersisa setelah memperhitungkan semua transaksi masuk dan keluar.
3. Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah gambaran yang sangat penting tentang kondisi keuangan suatu perusahaan/para usaha UMKM
Langkah-langkah untuk Membuat Laporan Keuangan yaitu:
a. Kumpulkan Data dengan Teliti: Pastikan dapat memiliki semua informasi keuangan yang diperlukan. Ini termasuk catatan transaksi, bukti pembayaran uang masuk dan uang keluar.
b. Gunakan Perangkat Lunak Keuangan yang Tepat: Ada banyak perangkat lunak keuangan yang dapat membantu untuk menyusun laporan keuangan dengan lebih efisien dan akurat.
c. Teliti dan Periksa Kembali: Sebelum mempublikasikan laporan keuangan, pastikan untuk memeriksa kembali semua angka dan informasi yang tercantum.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H