Lihat ke Halaman Asli

Santy Dewi

Mahasiswi

Kegiatan Klub Jantung Sehat di Kelurahan Wanajaya RW 10 Disertai dengan Penyuluhan tentang Menjaga Kesehatan Pasca Pandemi

Diperbarui: 10 Agustus 2022   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa adalah penggerak, mahasiswa saat ini bisa menjadi pengubah untuk masa depan yang lebih cerah. Terhitung sudah 5 semester menjalani studi perkuliahan di Universitas Pendidikan Indonesia, sudah saat nya melaksanakan kegiatan KKN (kuliah kerja nyata), KKN merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat, suatu program yang tidak pernah lepas dari dunia perkuliahan.  

Tepat pada 11 juli 2022, yakni dimulainya kegiatan KKN tematik UPI, yang dilaksanakan sampai 10 agustus 2022. Karena masih pasca pandemic, KKN dilaksanakan di setiap desa tempat tinggal para mahasiswa untuk melakukan pemberdayaan di daerah nya. 

Dikarenakan saya tinggal di Kabupaten Bekasi, tepatnya di kelurahan Desa Wanajaya kecamatan Cibititung, saya memilih melaksanakan kegiatan KKN yang lokasinya di Desa Wanajaya RW 10, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa barat. Tujuan kami yaitu memberikan edukasi, memberikan wawasan agar masyarakat hidup sehat dan sejahtera.

Program KKN Tematik UPI ini disambut hangat oleh masyarakat Desa Wanajaya RW 10, kami mendapat informasi bahwa di RW 10 Desa Wanajaya ini mempunyai kegiatan rutin yaitu senam jantung sehat, dan bahkan sudah memiliki klub nya sendiri yaitu klub jantung sehat (KJS).

Kami melaksanakan program KKN dengan mengikuti KJS yang diadakan secara rutin di rw 10 yaitu setiap hari rabu sore dan sabtu pagi. Ketika melaksanakan KJS, kami melihat banyak warga yang berpartisipasi mengikuti kegiatan ini, mulai dari ibu-ibu hingga lansia pun ada. kegiatan KJS ini memiliki instruktur senam yang handal, yang dipilih langsung oleh pemerintah setempat. 

Sebelum memulai kegiatan, peserta KJS melakukan cek detak jantung terlebih dahulu, agar mengetahui apakah detak jantung kita normal atau tidak, setelah KJS berlangsung, tak lupa mengecek kembali detak jantung masing-masing, apabila jumlah detak jantung kita melebihi atau lebih cepat dari detak jantung normal, diharapkan untuk tidak melanjutkan kegiatan karena bisa berakibat kelelahan dan bahkan bisa pingsan.

Kegiatan KJS selanjutnya di hari sabtu, kami mengadakan penyuluhan sekaligus membuat poster mengenai pentingnya menjaga kesehatan pasca pandemic, penyuluhan ini diadakan selama 2 pekan di hari sabtu. Masing-masing memiliki judul yang berbeda, saya memilih judul "Pentingnya rutin minum air putih 2 liter per hari". 

Megutip dari laman P2PTM Kemenkes RI bahwa Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Air putih memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, karena ketika kita kekurangan minum air putih, tubuh tidak bisa berfungsi dengan normal. 

Ketika penyuluhan, saya menyampaikan beberapa dampak yang akan terjadi apabila kekurangan minum air putih. Selain itu, memberikan saran atau anjuran mengenai jadwal kapan saja kita minum air putih agar 2 liter perhari itu bisa terpenuhi, dan memiliki manfaat yang besar untuk tubuh. Peserta yang menyimak pun sangat antusias, dan berterimakasih kepada kami karena telah mengadakan program ini. 

Diharapkan setelah adanya program KKN yang diadakan di rw 10 ini bisa membawa manfaat yang besar dan untuk tujuan berkelanjutan, masyarakat menjadi lebih memahami akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh, tidak melupakan hal sepele yaitu kurang minum air putih yang bisa berdampak besar.

picsart-22-07-23-20-45-17-997-62f35eea08a8b54d30379955.jpg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline