Lihat ke Halaman Asli

Ujian Akhir Semester Sosiologi Hukum

Diperbarui: 9 Desember 2023   14:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Santy Denta Pratiwi

NIM : 212111029

Kelas : HES 5A

UJIAN AKHIR SEMESTER SOSIOLOGI HUKUM

Berikan analisis factor-faktor yang mempengaruhi terhadap efektivitas hukum dalam Masyarakat!. Apa saja karakter penegak hukum yang efektif?

Factor-faktor yang mempengaruhi efektivitas hukum:

  • Hukum : hukum berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat karena dalam perannya hukum sebagai parameter untuk keadilan, ketertiban, jetentraman  serta menjamin adanya kepastian hukum yang ada di Tengah-tengah Masyarakat.
  • Penegak hukum: efektivitas hukum juga disebabkan oleh adanya penegak hukum, sebab jika sebuah hukum yang telah ditentukan dan ditetapkan pengimplementasian hukum tersebut akan ditegakkan oleh penegak hukum tersebut.
  • Sarana dan Fasilitas : bahwa tanpa adanya dukungan dari sarana dan fasilitas yang memadai keefektivitasan hukum tidak dapat tercapai. Adapun sarana yang dimaksud adalah seperti sekolah dimana akan membentuk manusia yang terampil, serta memiliki Pendidikan yang layak.
  • Masyarakat: Masyarakat juga berperan dalam hal ini, karena jika Masyarakat mematuhi apa yang sudah di dalam undang-undang maka akan terwujud pula efektivitas hukum.

Karakter penegak hukum yang efektif:

Penegak hukum yang dinilai efektif adalah penegak hukum yang jujur dan menegakkan kebenaran dengan sebaik-baiknya tanpa adanya kemunafikan.

Berikan contoh pendekatan sosiologis dalam studi hukum ekonomi syariah?

Dalam konteks sosiologis dalam hukum ekonomi syariah kita dapat melihat bagaimana norma ataupun ajaran yang ada pada ilmu ekonomi islam apakah sudah benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh adalah kegiatan pengamatan yang dalam kegiatan tersebut mengulik tentang penerapan kegiatan ekonomi yang mereka lakukan apakah sudah sesuai dengan ajaran dalam ekonomi syariah atau belum.

Apa kritik legal pluralism terhadap sentralisme hukum dalam masyarakat dan apa kritik progressive law terhadap perkembangan hukum di Indonesia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline