Lihat ke Halaman Asli

Santika Aprilia

Karyawan swasta

Pangeran Matematika Jarang Diketahui Orang Banyak

Diperbarui: 23 Mei 2024   06:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sblm kita bahas mengenai sosok ini ,, sblmnya ada yang tau " Bapak Matematika " , atw ahli matematika ,, atw pangeran nya matematika ?? Kalian tentunya msh blm memahami dna tentunya bertanya tanya siapa ya ?? .. Pada kesempatan ini kita akan membahasnya .. Ada yang pernah denger nama " Carl Friedrich Gauss " .. Ya dialah yang di sebut  bapak matematika .. Pria kelahiran Jerman 1777 menghabiskan masa kecil sampe dewasa sebagai mana anak seusianya tumbuh dan berkembang , tetapi dia memiliki keiatimewaaan di mana pada usianya yg msh di bilang cukup kecil blm sampe 5 thn dia sudah bisa menghitung gaji pekerja batu yg di pekerjaan ayahnya . Dna bukan itu saja . Selain jago dalam bidang matematika gaus juga memiliki kemampuan dalam bidang sains . 

Dan pada saat usia nya 10 thn dia dapat menyelesaikan soal matematika yang cukup sulit untk anak seusianya yang di berikan oleh gurunya .. Gaus kecil yang tumbuh di lingkungan yg sederhana dimana ayah nya adalah  hanya seorang  petani , dengan bakat yang di miliki gaus kecil yg tidak di miliki anak seusia nya , diusia yang cukup muda gaus berhasil menjadi mahasiswa di universita gottingen .. Karna kepintaran yang iya miliki dia pun mennciptakan beberapa teori matematika dan pada saat bersamaaan dia juga menyelesaikan karyanya  yang berjudul " DISQUISITIONES ARITHMETICAE " ..  Dan Theoria motus corporum colesrium .. Dan lagi lagi gaus bisa menyelesaikan pendidikan nya sebagai sarjana mudanya diusian nya yg msh remaja kala itu ..

Sebagai sarjana yang masih terbilang muda pada usianya saat itu , dia juga memberikan bukti lengkap kedua dan ketiga dari teorema dasar aljabar , dan memberikan kontribusi kepada teori bilangan . Gaus berperan penting dalam identifikasi cares yang baru saja di temui sebagai planet katai .. Gaus bertanggung jawab atas survei geodesi ekstensif di kerajaan hanover .. Dan pad atahun 1820-1844 gaus melakukan berbagai macam penelitian di lapangan dan memberikan evaluasi ilmiah dan lengkap dna gaus ini di kenal sebagai pendiri geofisika sekaligus merumuskan prinsip dasar magnetisme .. Dan hasil kerja praktis dari penelitian di lapangan adalah heliotrope pada tahun 1821 ,magneteometer 1833 dan bersama dengan teman nya yang bernama Wihem Eduard Weber berhasil menciptakantelegraf elektromagnetik pertama di dunia pada tahun 1833 . 

Selain penemu rumus yang tadi di sebutkna di atas dia juga seorang penulis yang berhati hati yang menolak menerbitkan karya tidak lengkap .. Meskipun dia sudah menerbitkan banyak buku selama hidupnya gaus juga meninggalkan beberapa karya secara anumerta .. 

Dna pada tahun 1855 gaus meninggal dunia diusia nya yg 77 tahun , dan tidak lama dari itu ditahun yang sama 1805 istri daei gaus yang bernama johanna osthoff juga meninggal dunia .. Beberapa penghargaan yg beliau sempwt raih semasa di hidupnya diantaranya adalah Hadiah Lalande ( 1809 ) dan Medali Copley ( 1838 ) .. 

Sekilas bahasan saya ttg bapak matematika atw pangeran matematika .. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline