Lihat ke Halaman Asli

Memanfaatkan Rempah-Rempah Untuk Pengobatan Tradisional

Diperbarui: 2 Juni 2023   13:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nama  : Santika Azzahra
Nim     : P3.73.34.1.22.041 

D-III Teknik Laboratorium Medis 

 

Auguste Comte adalah seorang filsuf berkebangsaan Perancis yang mempelajari sosiologi. Berdasarkan sosiologi sebagai ilmu eksakta, ia mengenal tiga fase perkembangan intelektual manusia, yaitu fase teologis, metafisika, dan positif. Auguste Comte membandingkan yang pertama dengan anak-anak, yang kedua dengan remaja, dan yang ketiga dengan orang dewasa. Pada tahap akhir ini, orang beranggapan bahwa makna hanya terdiri dari proposisi analitis yang dapat diuji secara empiris. Pendapat seperti itu dikenal dengan istilah "positivisme", yaitu sebuah teori yang menolak segala bentuk metafisika. Teori ini dikembangkan di Inggris dan Mesir.

Indonesia merupakan daerah tropis yang dikenal sebagai bahan baku obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Hal ini juga berlaku bagi pengguna jamu terbesar di dunia, termasuk india, serta negara Asia lainnya seperti India dan China. Tanaman obat telah digunakan selama ribuan tahun. Namun penggunaannya tidak didokumentasikan dengan baik. Indonesia memiliki potensi yang baik untuk mengembangkan agroindustri jamu. Lebih dari 9.609 spesies tumbuhan Indonesia memiliki khasiat obat. 

Menurut (Sukur dan Hernani, 2003) 74% tumbuhan liar berada di hutan dan sisanya 26% dibudidayakan. Dari varietas yang dibudidayakan, lebih dari 940 varietas digunakan dalam pengobatan tradisional. Tumbuhan bersifat autotrof, yaitu. organisme multiseluler. Sebagai produsen, tumbuhan memegang peranan penting dalam rantai makanan. Ilmu yang mempelajari dunia tumbuhan disebut botani dan mencakup beberapa kajian, seperti bentuk-bentuk tumbuhan yang tampak dari luar (morfologi), struktur hubungan tumbuhan dengan tumbuhan (taksonomi), dari dalam (anatomi), fungsi fisiologis organ tanaman (fisiologi), tanaman dan lingkungannya (ekologi), dan beberapa studi khusus yang lebih spesifik. Informasi yang komprehensif sangat diperlukan dalam mempelajari tumbuhan karena setiap kajian saling terkait. Contoh pemanfaatan tumbuhan untuk pengobatan adalah obat-obatan herbal (Jamu).

 Jamu adalah obat tradisional yang terbuat dari akar, daun, dll. Obat herbal biasanya diminum dengan cara diminum. Seiring berjalannya waktu, penyebutan obat herbal menjadi lebih dikenal dengan jamu atau tanaman obat. Jamu terbuat dari bahan alami yang merupakan bagian dari tanaman seperti rimpang (akar), daun, kulit batang dan buah. Namun, ada juga yang menambahkan bahan dari bagian tubuh hewan, seperti empedu kambing, empedu ular, atau empedu buaya. Bahkan, kuning telur ayam juga sering digunakan untuk campuran jamu. Jamu cenderung terasa pahit, jadi sebaiknya ditambahkan madu sebagai pemanis untuk membantu peminum mentolerir rasa lebih baik. Selain madu, ditambahkan sedikit anggur. Anggur tidak hanya mengurangi rasa pahit, tapi juga dapat menghangatkan tubuh.

Pembahasan dalam artikel ini didasarkan pada pendapat Auguste Comte tentang fase positivis, karena menurut hasil pengujian, masyarakat Indonesia sangat percaya dan menggunakan obat khususnya obat herbal, dan hal ini dapat dibuktikan secara empiris. pendapat orang yang menggunakan obat tradisional atau jamu itu sendiri. Jamu bisa menjadi pilihan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jamu adalah obat herbal tradisional yang digunakan masyarakat Indonesia selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit. Meskipun sudah banyak obat-obatan modern, jamu tetap populer baik di pedesaan maupun di perkotaan (Chahyadi, Hartati & Wirasutisna, 2014). Tumbuhan Indonesia memiliki keunggulan sebagai imunomodulator yang membantu melindungi sistem imun seluler dan humoral. Konsentrasi senyawa tanaman dapat mempercepat perbaikan sel.

 Penggunaan obat tradisional tersebut untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit dan mengelola kesehatan, bahkan pada saat krisis kesehatan. Pengobatan tradisional dengan menggunakan tanaman obat tradisional dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, TBC dan luka. Masyarakat lebih memilih menggunakan pengobatan tradisional yaitu pemanfaatan tanaman obat untuk kepentingan tanaman

Referensi : https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=jurnal+artikel+jamu&btnG=https://id.wikipedia.org/wiki/Jamuhttps://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/22485-Full_Text.pdf

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline