Lihat ke Halaman Asli

Modul 3.3 Aksi Nyata Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Diperbarui: 14 Oktober 2021   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

"PENGELOLAAN KEWIRAUSAHAAN DAERAH DI SEKITAR SEKOLAH DAN TEMPAT TINGGAL DALAM BENTUK VIDEO BLOG (VLOG) DI SMPN 5 MAJALENGKA"

Rancangan tindakan

Latar belakang

                        Mengembangkan pola pikir murid, menumbuhkan karakter baik serta meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan adalah latar belakang saya membuat program ini yaitu program mengenai Pengelolaan kewirausahaan daerah di sekitar sekolah dan tempat tinggal dalam bentuk video blog(vlog)  di SMPN 5 Majalengka. 

Melihat potensi daerah di sekitar sekolah yang sebetulnya masih sangat banyak yang dapat dikembangkan dan juga dapat dijadikan suatu mata pencaharian bagi warga sekitanya, berbekal pengetahuan dari Modul 3.3 dan juga modul-modul sebelumnya saya merancang suatu program yang berdampak langsung kepada murid melalui kegiatan ini. 

Masa pandemi yang berkepanjangan yang membuat pembelajaran daring atau BDR ini menjadikan murid banyak yang mengalami penurunan aktivitas terutama di bidang akademik ataupun non akademik yang berhubungan dengan pencapaian kurikulum sekolah yaitu termasuk juga pembentukan karakter baik melalui budaya-budaya positif yang sulit diterapkan pada pembelajaran daring. 

Dengan program ini saya harapkan murid dapat bangkit dan semangat untuk melakukan kegiatan di luar rumah dan di luar sekolah untuk melestarikan daerah di sekitar sekolah dan tempat tinggalnya, melalui panduan kegiatan yang saya berikan juga tata cara untuk berkomunikasi yang baik mereka secara mandiri melakukan kegiatan ini dengan tertib.

Tujuan

                        Melalui program ini saya memiliki tujuan tersendiri terutama yang dapat dirasakan secara langsung oleh murid di sekolah saya yaitu di SMPN 5 Majalengka, tujuannya adalah :

Meningkatkan kepemimpinan murid melalui pengelompokan murid berdasarkan domisili atau tempat tinggalnya, yaitu dengan pengambilan keputusan dalam pemilihan tempat kewirausahaan daerah yang akan mereka kunjungi

Kemandirian murid yaitu dengan murid mengunjungi sendiri ke tempat kewirausahaan tersebut secara langsung bersama teman satu kelompoknya setelah saya berikan arahan dan instrument yang harus menreka penuhi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline