Lihat ke Halaman Asli

Santi Faujiah

i'm an educator and a writer

SMK Al-Wafa Ciwidey Meraih Prestasi Luar Biasa: Jejak Gemilang di SMK Awards 2023

Diperbarui: 27 Desember 2023   17:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kita Digital SMK Al-Wafa

Soreang, 22 Desember 2023 - Sukses menggelar acara prestisius "SMK Awards 2023" di Grand Sunshine Resort & Convention, Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat mencatatkan capaian gemilang dalam mendorong inovasi dan prestasi di kalangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah tersebut.

Acara yang dihadiri oleh para Pejabat Struktural Disdik Jabar dan Kepala SMK se-Jawa Barat ini tidak hanya menjadi panggung penghargaan semata, tetapi juga panggung kekayaan budaya lokal. Acara ini dibuka oleh tarian memukau dari perwakilan siswa-siswi SMKN 10 Kota Bandung dan band dari SMKN 1 Pacet.

SMKN 1 Sumedang yang didaulat menjadi pengisi acara dengan menampilkan musik tradisional sukses menciptakan atmosfer penuh inspirasi  dalam gelaran "SMK Awards 2023".

Dalam sembilan kategori prestisius, mulai dari Penghasil Karya Inovatif hingga Lembaga Sertifikasi Profesi, SMK Al-Wafa Ciwidey menjadi bintang dengan meraih dua nominasi sekaligus. SMK Kategori Penghasil Karya Inovatif dan Kategori Pencetak Wirausaha. Menjadi satu-satunya SMK di Kabupaten Bandung yang masuk nominasi, SMK Al-Wafa berhasil menyabet gelar Penghasil Karya Inovatif. Kepercayaan sebagai pelaksana acara juga menjadi bukti nyata keberhasilan sekolah ini.

Keberhasilan SMK Al-Wafa juga tercermin melalui film "Pelajar+62" yang merupakan hasil karya siswa-siswi jurusan Broadcasting dan Perfilman. Film ini sukses tayang di bioskop pada bulan Oktober lalu dan mencatatkan sejarah sebagai karya anak SMK jurusan Broadcasting dan Perfilman pertama di Jawa Barat yang berhasil menembus layar lebar. Selain film, SMK Al-Wafa juga telah berhasil menciptakan Aplikasi Si Om Wira. Aplikasi ini merupakan karya inovasi yg dibuat oleh guru SMK AI Wafa yang berasal dari sebuah masalah yang ditemukan ketika di dalam proses pembelajaran.

Si Om Wira adalah akronim dari Sistem Informasi Pencatatan Omset Wirausaha Siswa. Aplikasi berbasis web untuk mengatur pengelolaan keuangan bisnis milik siswa, memudahkan pencatatan transaksi, monitoring omset realtime, dan pembuatan laporan keuangan terstruktur. Teknologi digital yang dapat memastikan ketelitian data dengan akses yang sangat mudah.

Sementara SMKN 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, unggul dalam kategori "Link and Match." Prestasi luar biasa juga ditorehkan oleh SMKS Mitra Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, yang meraih penghargaan Budaya Kerja Industri. Kategori Implementasi TEFA SMK non BLUD diraih oleh SMK Negeri 1 Subang, kemudian kategori pengelola BLUD diraih SMKN 2 Subang, kategori pencetak wirausaha oleh SMKN 1 Pacet, kategori Keterserapan Bekerja oleh SMKS Pertiwi Kuningan, dan kategori Lembaga Sertifikasi profesi oleh SMKN 1 Sukabumi.

SMKN 3 Bandung berhasil mendapatkan raihan dua penghargaan sekaligus, yaitu SMK Penyelenggara Implementasi Kurikulum Merdeka dan Juara Umum SMK Awards 2023. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Drs. Wahyu Mijaya, S.H., M.Si, turut memberikan ucapan selamat kepada para pemenang dan menyampaikan rasa terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam mendidik generasi penerus bangsa.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Drs. Wahyu Mijaya, S.H., M.Si juga memberikan pesan agar keberhasilan yang diraih tidak membuat terlena. "Ini bukan tentang kebanggaan di masa lalu dan masa kini, melainkan tentang apa yang harus kita lakukan agar lebih baik lagi di masa yang akan datang," ujar Kadisdik.

Kepala Bidang PSMK Disdik Jabar, Drs. Edy Purwanto, M.M. selaku penyelenggara acara berharap agar hasil dari kegiatan ini dapat menjadi pemacu untuk revitalisasi SMK di seluruh Jawa Barat. Dengan demikian, pelajar SMK di wilayah Jawa Barat dapat bersaing, berprestasi, dan menjadi lokomotif pembangunan dan kemajuan bangsa.

"SMK Awards 2023" tidak hanya merayakan keberhasilan saat ini, tetapi juga merupakan tonggak awal bagi perubahan positif di dunia pendidikan SMK Jawa Barat," pungkas Drs. Edy Purwanto, M.M. Ungkapan yang disampaikan menyiratkan harapan akan masa depan pendidikan yang lebih baik dan berprestasi di wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline