Lihat ke Halaman Asli

Lembaga Waralaba dalam Bisnis Retail

Diperbarui: 15 Februari 2024   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

contoh bisnis waralaba sumber:http://surl.li/qlskk

Dalam bisnis retail, waralaba dapat diartikan sebagai usaha yang memberikan keuntungan yang istimewa. Usaha waralaba dapat berbentuk badan usaha maupun perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan atau menggunakan hak kekayaan intelektual yang dimilikinya.

1. Jenis Lembaga Waralaba

    Berikut berbagai jenis lembaga waralaba yang bergerak di bidang perdagangan dan penjualan

    a. Menurut asal produk dan layanan yang diberikan

         Menurut asal produk dan layanan yang diberikan, waralaba dapat dikategorikan sebagai berikut

         1) Waralaba Luar Negeri Bisnis waralaba luar negeri mengacu pada merk dagang atau bisnis waralaba yang berasala dari luar negeri.  Biasanya, bisnis        waralaba luar negeri memiliki keuntungan dengan sistem operasional yang sudah lebih stabil dan jarang berubah --  ubah.

         2) Waralaba Dalam Negeri

              Bisnis waralaba ini adalah bisnis yang menjual produk hasil karya anak negeri yang sudah memiliki brand yang dikenal di benak konsumen contohnya indomaret, alfamart dan lain sebagainya

    b.  Menurut metode pengoperasiannya

          menurut metode pengoperasiannya, waralaba dapat dikategorikan sebagai berikut

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline