Lihat ke Halaman Asli

Hal-hal yang Bikin Jengkel di Jalan Raya

Diperbarui: 12 Juni 2024   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

            Saat berkendara di jalan raya baik naik mobil ataupun naik sepeda motor, tentu banyak hal yang bikin jengkel. Hal ini bukan hal aneh, mengingat kita sudah berkendara dengan sopan di jalan, tapi ada sering menemui beberapa kejadian yang dongkol karena berkesan berkendara seenak jidatnya sendiri.

            Ada beberapa hal yang memang kadang bikin jengkel namun ada juga yang bisa bikin ketawa dan bikin gak konsen di jalan raya. Hal yang sepele tapi juga membahayakan bagi pengguna jalan yang lain.

Emak-Emak Naik Sepeda Motor 

  • Sudah menjadi rahasian umum dan diakui dunia, bahwa kalo emak-emak naik sepeda motor, ngesen kanan beloknya ke kiri, meskipun kadangkala ada juga bapak-bapak yang berjiwa ibu-ibu yang ngelakuin hal yang sama. Perilaku ini jelas membahayakan bagi pengguna jalan yang lain, mengingat sering dilakukan secara mendadak, bikin pengendara yang berada di belakangnya atau yang berada dari arah yang berlawanan menjadi kaget dan sering menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Sombongnya Supir Truk

  • Kita pasti paham ketika sebuah truk melintas di jalan raya dengan membawa barang pasti akan berjalan perlahan tapi ketika truk tersebut tanpa barang bawaan, akan beda cerita, supirnya pasti akan ngebut dan ugal-ugalan. Seringkali tanpa memperhatikan keselamatan para pengguna jalan yang lain.

Ambulance Kosong Tapi Nyalain Rotator Dan Ngebut

  • Pada saat kite mengalami pandemi Covid-19, pasti kita sering ketemu ambulance yang lalu lalang mengantar pasien. Hal tersebut menjadi hal yang lumrah terjadi, namun akhir-akhir ini, yang sering terjadi adalah mobil ambulance kosong tanpa ada pasien yang dibawa tapi tetap menyalakan rotator dan jalannya ngebut. Saya beberapa kali sempat mengikuti ambulance yang model begini, dan memang yang keliatan cuma sopirnya aja dan di bagian belakang gak keliatan ada orangnya, meskipun kondisi kacanya tertutup tapi paling gak kalo ada orangnya pasti ada bayangan dari dalam mobil ambulance tersebut.

Pemotor Pake Knaplpot Brong Dan Ugal-Ugalan

  • Ini yang lebih nyebelin, udah pake knalpot brong jalannya juga ugal-ugalan seakan gak peduli pengguna jalan yang lain. Main serobot jalan dan gak peduli kendaraan yang ada di dekatnya. Jujur, ini paling nyebelin selain ketemu emak-emak yang naik sepeda motor.

Main Klakson Saat Lampu Lalu Lintas Baru Berwarna Hijau

  • Kalo yang ini, juga nyebelin, bukan cuma yang naik mobil, yang naik sepeda motor juga sering ngelakuin hal ini kayak dunia mo kiamat kalo gak buru-buru jalan saat lampu lalu lintas baru berwarna hijau. Kadang harus sabar saat berada dalam keadaan kayak gini, meskipun seharusnya pengendara yang lain juga paham bahwa tidak setiap orang akan terburu-buru jalan saat lampur merah baru berwarna hijau.

            Itulah beberapa hal yang seringkali bikin kita jengkel dan emosi di jalan raya, meskipun kita sudah berkendara dengan sopan. Mudah-mudahan bisa jadi pelajaran bagi kita semua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline