Lihat ke Halaman Asli

Apa Enaknya Dengerin Wayang Kulit di Radio?

Diperbarui: 27 Desember 2023   11:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sebagai salah seorang penggermar wayang, saya tentu, saat masih kuliah, sering mencari informasi dimana ada pagelaran wayang kulit, khususnya apabila dalang yang tampil adalah dalang yang kondang, macam Ki Manteb Sudarsono atau dalang lain yang seangkatan dengan beliau. Pasti menyenangkan bisa menonton langsung sabetan wayang ketika Ki Manteb memainkan wayangnya selama pagelaran, diwarnai trik-trik memainkan wayang, khususnya saat adegan perang.

Selain asyik nonton wayang yang dimainkan ada juga hiburan lain di sekitar tempat pementasan pagelaran wayang, semisal banyak pedagang asongan ataupun tukang main catur 3 langkah mati, yang kalo kita bisa mengalahkan tukang catur itu dalam 3 langkah, kita bisa dapat hadiah seperti rokok atau minuman dalam kotak.

Tapi sebenarnya, saya lebih suka dengerin wayang dari radio, kok bisa? Banyak alasan kenapa aya senang ndegerin wayang dari radio yang biasanya disiarkan dari jam 9 malam sampe jam 4 pagi.

Enaknya dengerin wayang dari radio paling utama adalah bisa dengerin sambil tidur-tiduran dengan nyaman di kamar. Jelas lebih nyaman dengerin wayang dari radio karena selain bisa sambil tidur-tiduran, kita juga bisa terhindar dari angin malam yang bisa bikin sakit, apalagi kalo kita nonton wayang langsung sampe dengan selesai. Saya sendiri sering masuk angin di pagi harinya setelah malamnya nonton wayang langsung, repotnya kalo besok paginya ada kuliah, bisa-bisa nitip absen kuliah.

Saya termasuk yang insomnia yang susah tidur cepat, paling cepat bisa tidur itu sekitar jam 2 malam. Seringkali gak bisa tidur itu karena keasyikan baca buku atau majalah, maklum waktu itu di tahun 1990an belum jamannya gadget atau telepon pintar yang bisa baca berita secara online.

Dengan mendengarkan wayang dari radio, bisa menjadi pengantar tidur cepat, cuma karena tayangan wayang di radio tidak ada setiap hari, makanya jadi sering insomnia meskipun siangnya banyak kegiatan di kampus. Kok gak kumpul-kumpul atau kongkow bareng teman-teman? Jujur, kalo kongkow bareng teman seringnya malah jadi nggibahin orang lain dan lebih sering jadi bikin kegiatan yang negatif yang merugikan masyarakat sekitar.

Dengan ndengerin wayang kulit dari radio kan kita gak bisa lihat langsung atraksi dalang ketika memainkan wayangnya, sehingga seringkali kita jadi sedikit menghayal keadaan yang diterangkan oleh sang dalang. Bisa adegan di dalam keraton atau adegan perang atau adegan lainnya. Pokoknya bener-bener bisa menghibur, terutama bagi yang suka menghayal.

Seringkali ada aja tugas kuliah yang harus dikerjakan, makanya saya sangat suka saat mengerjakan tugas kuliah ada siaran pagelaran wayang kulit di radio. Berhubung saya gak suka minum kopi, akhirnya siaran wayang kulit di radio itulah yang jadi teman saya mengerjakan tugas kuliah, ditambah ada cemilan.

Mungkin kalo gak ada siaran wayang kulit di radio, mungkin tugas-tugas kuliah saya gak bisa selesai tepat waktu, jadi secara gak langsung, siaran wayang kulit jadi teman setia mengerjakan tugas kuliah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline