Lihat ke Halaman Asli

Konvergensi Media

Diperbarui: 18 Maret 2017   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi zaman sekarang memberikan kemudahan dalam bidang apapun, termasuk dalam memberitakan suatu informasi atau berita melalui sebuah portal berita online. Perkembangan ini pun dapat menimbulkan suatu penyatuan atau penggabungan teknologi ke dalam presentasi digital, penyatuan tersebut dapat dikatakan juga konvergensi media.

Pada Kuliah Online, 17 Maret 2017. Gilar Pasopati seorang asistes editor di CNN Indonesia menjelaskan apa itu “Konvergensi Media”. Konvergensi Media ini adalah penggabungan atau penyatuan saluran – saluran keluar (outlet) komunikasi massa, seperti media cetak, radio, televisi, internet, bersamaan dengan teknologi – teknologi portabel dan interaktif lainnya, melalui suatu platform presentasi digital.

Secara sederhana konvergensi media adalah perkembangan suatu media massa yang melibatkan banyak faktor teknologi di dalamnya baik audio, visual, data dan sebagainya dalam penyediaan suatu informasi atau berita (Preston, 2001). Dengan kata lain, konvergensi media mempunyai arti yaitu proses penyatuan atau perkembangansuatu teknologi media massa dalam menciptakan suatu presentasi digital berupa informasi.

            Konvergensi media ini berkembang berkat adanya suatu kemajuan teknologi yang khususnya muncul sebuah internet dan digitisasi informasi. Konvergensi media ini menyatukan “tiga C” yaitu computing, communication dan content.

            Konvergensi ini juga terbagi dalam dua aspek yaitu, teknologi dan industri. Dalam aspek teknologi, konten kreatif ini disampaikan melalui suatu jejaring tanpa kabel (wireless), dan ditampilkan di komputer, melalui sebuah telepon seluler, yang terhubung ke pesawat televisi. Dan dalam aspek industri, perusahan media bekerja sama dengan perusahaan suatu telekomunikasi dan teknologi yang dimana mereka menyatukan suatu aliansi – aliansi strategis untuk mengembangan model – model baru dalam bisnis mereka, dan dari hal tersebut dapat memberikan suatu keuntungan.

            Dari hal tersebut dengan perkembangan suatu teknologi, konvergensi media dapat memudahkan suatu pekerjaan manusia dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkannya melalui semua media yang dihubungkan satu sama lain.

Sumber:

https://ayomenulisfisip.files.wordpress.com/2011/02/membedah-jurnalisme-online.pdf

journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL/article/download/.../2317 diakses pada 18 Maret 2017 Pukul 07: 41 WIB 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline