Lihat ke Halaman Asli

New Media: Internet sebagai Teknologi Baru

Diperbarui: 24 Februari 2017   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Apa yang dimaksud dengan New Media?

New Media atau Media Baru merupakan suatu media yang terhubung dengan internet dan teknologi sebagai pendukung dalam mendapatkan informasi dalam suatu institusi atau suatu organisasi tempat orang bekerja. Dalam kata Media Baru terdapat pemisah antara kata “lama” dan “baru”. Baru disini bersifat terbuka dan siapapun dapat mengaksesnya dengan diikuti perkembangan teknologi.

Dengan adanya Media Baru perubahan dapat terjadi, perubahan dalam bidang produksi, konsumsi dan distribusi. Perubahan yang terjadi dapat memudahkan khalayak untuk mengerti dan mengelolanya. Perubahan tersebut dibagi menjadi beberapa bagian:

  • New Textual Experiences: Jenis baru dalam media, kesenengan dan pola konsumsi media (game pada komputer, dan memberikan efek khusus pada film).
  • New Ways of Representing the World: Media menawarkan kemungkinan baru yang representasional dan pengalaman dengan lingkungan virtual yang immersiveberbasis layar interaktif
  • New Relationship between Subjects (Users And Consumers) And Media Technologies: Perubahan pengguanaan dan penerimaan gambar serta media yang digunakan sehari-hari.
  • New Experiences of the Relationship between Embodiment, Identity and Community: Pergeseran dalam pengalaman pribadi, sosial setiap waktu dan tempat dalam skala lokal maupun global.
  • New Conceptions of the Biological Body’s Relationship to Technological Media: Tantangan dalam menerima manusia, alam, teknologi, dan media sebagai penunjang yang nyata dan virtual.
  • New Patterns of Organization and Production: Penyusunan kembali dan integrasi dalam budaya media, industri, ekonomi, akses, kepemilikan, dan kontrol serta regulasi.

New Media atau Media Baru memiliki beberapa karakteristik yaitu:

Digital

Dalam proses pada New Media, data-data yang diperoleh dalam media digital diubah ke dalam angka. Data-data yang telah dimasukkan dimunculkan dengan berbagai bentuk seperti teks, grafik atau diagram, foto serta video. Data tersebut disimpan dalam jaringan online yang menghasilkan sebuah output berbentuk digital diskdan drive memory. Setelah itu dikirim dengan jaringan telekomunikasi dan dapat dicetak sebagai hard copy.

Interactivity

Interactivity mengarah kepada khalayak untuk ikut campur dalam mengubah gambar atau teks yang ada dalam berita. Media Baru menuntut penggunanya aktif dalam bertindak agar menghasilkan sebuah makna dalam tulisan yang mereka baca atau lihat.

Hypertextual

Hypertextual atau disebut juga Hypertext merupakan media baru dalam sejarah media analog. Hypertextual ini menjelaskan sebagai teks yang memiliki jaringan dari link lain diluar teks, dan berkarakteristik sebagai media baru dan internet. Hal itu sangat berkaitan dengan sistem operasi komputer, databasem dan software. Hypertext ini sangat dibutuhkan oleh pengguna internet untuk menghubungkan beberapa media melalui sebuah teks yang mereka butuhkan.

Networked

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline