Lihat ke Halaman Asli

Reno Dwiheryana

TERVERIFIKASI

Blogger/Content Creator

RR Vs LBP, Rakyat Cuma Bisa Tepok Jidat

Diperbarui: 12 Juni 2020   14:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Debat hutang Indonesia RR dan LBP (Kompas)

Jika dalam sejarah sepakbola ada istilah The Hand of God atau "Gol Tangan Tuhan" yang dipopulerkan oleh Diego A. Maradona ketika timnas Argentina melawan Inggris di ajang perempat final Piala Dunia 1986. 

Maka dalam ilmu ekonomi ada istilah The Theory of Invisible Hand atau dikenal juga dengan "Teori Tangan Tuhan", yaitu teori yang menyatakan adanya keyakinan bahwa keseimbangan pasar terbentuk secara natural dengan adanya pertemuan supply (penawaran) dan demand (permintaan).
Teori tersebut dicetuskan oleh John Adam Smith, seorang filsuf kebangsaan Skotlandia yang lahir pada 5 Juni 1723 dan berkat karya berikut sumbangsihnya dalam dunia ekonomi ia disebut sebagai "Bapak Ekonomi Dunia".

Adam Smith juga merupakan pelopor sistem ekonomi "Kapitalisme" atau pasar bebas yang kini dianut banyak negara, seperti Amerika Serikat tak terkecuali Indonesia. Sistem ekonomi kapitalis tersebut muncul pada abad 18 di Eropa Barat dan pada abad 19 mulai terkenal menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Dalam cakupan keilmuan, sebuah teori tentu akan menjadi perdebatan bilamana tidak diuji terlebih dahulu. Tentu karya-karya dari Adam Smith bukan sekadar omong kosong belaka, semua tentu dilandasi oleh penelitian (metode ilmiah) sehingga terbukti kebenarannya.

Membahas mengenai ekonomi, tentu akhir-akhir ini ada hal yang menarik perhatian publik yaitu mengenai saling adu antara ekonom Rizal Ramli dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Siapa yang kiranya tidak mengenal Rizal Ramli. Pria kelahiran Padang 65 tahun ini merupakan pakar ekonomi berikut politikus Indonesia. Atas kemampuannya itu, ia juga pernah menjabat di beberapa posisi penting selaku menteri baik di era kepemimpinan Presiden Gus Dur maupun Presiden Jokowi.

RR memiliki watak temperamen aktif, hal itu bisa diamati bagaimana ketika ia merespon suatu isu maupun memberikan pendapatnya ke khalayak umum. Sosoknya yang blak-blakan tak terkecuali saat mengungkapkan utang Indonesia ugal-ugalan hingga cuitan di medsosnya menyebut Menkeu Sri Mulyani Ratu Hutang sontak membuat telinga panas yang mendengarnya.

Nampaknya hal tersebut direspon oleh Menko Kemaritiman dan Investasi LBP yang mengundang RR untuk datang dalam debat atau diskusi polemik tarkait hutang negara Indonesia yang menurut rencana akan berlangsung 24 Juni 2020 nanti.

Sebelumnya acara debat tersebut batal dilaksanakan pada 11 Juni 2020 lalu, kubu RR menolak untuk datang dikarenakan berdasarkan kesepakatan awal acara debat dilaksanakan terbuka bukan tertutup.

Berbicara mengenai hutang negara maka hampir diperkirakan negara di penjuru muka bumi ini memiliki hutang dengan rasio hutang terhadap GDP (Gross Domestic Product) yang berbeda-beda. Hutang bisa dikatakan sebuah keniscayaan bagi setiap negara, hutang secara garis besar bertujuan untuk digunakan untuk pembiayaan secara umum (General Financing) dan untuk membiayai kegiatan atau proyek tertentu.

Dalam laman Kompas.com tayang pada 14 Januari 2019 lalu. Ketika polemik hutang negara muncul kala itu, LBP pernah menjelaskan bahwa utang pemerintah Indonesia bukan digunakan untuk sesuatu yang sia-sia. Utang-utang tersebut digunakan secara produktif untuk kegiatan pembangunan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline