Lihat ke Halaman Asli

Reno Dwiheryana

TERVERIFIKASI

Blogger/Content Creator

Tutorial Membuat Video "Super Slow Motion" pada Android

Diperbarui: 25 Maret 2018   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Efectum. Foto: www.allfreeapk.com

Memiliki smartphone kelas premium atau high-end terlepas dari meningkatkan kepercayadirian pribadi kaitannya dengan gengsi juga memiliki nilai tambah yaitu spesifikasi mumpuni turut pula mengaplikasikan fitur teknologi terkini. Namun itu semua tidak serta merta didapatkan secara cuma-cuma, melainkan pengguna harus merogoh kantong yang cukup dalam untuk menghadirkan kelebihan tersebut dalam genggaman.

Sebagai penggemar dunia gadget, Penulis rutin mengamati perkembangan teknologi pada smartphone. Dalam kaitannya peningkatan pada sebuah gadget maka setidaknya ada 2 hal faktor yang perlu dilihat, yaitu hardware (perangkat keras) dan software (piranti lunak). Sejatinya kedua hal tersebut menjadi acuan penilaian apakah smartphone itu memang bagus ataupun mengalami peningkatan yang signifikan apabila dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Satu fitur terkini yang sedang ramai dibicarakan adalah prihal fitur smartphone untuk melakukan super slow-motion. Sebuah fitur dimana rekaman video akan bergerak lambat persekian detik sehingga menimbulkan kesan efek dramatis. Fitur ini memang menarik untuk disimak dikarenakan spesifikasi hardware yang mumpuni pada smartphone memungkinkan pengguna merekam video dan memperlambatnya dengan kualitas sangat baik. Lantas pertanyaannya adalah apakah smartphone low dan mid-class dapat melakukan hal tersebut? Jawabannya bisa! Bagaimana caranya?

1. Hal yang pertama adalah mempersiapkan dokumen video berkualitas tinggi atau hasil rekaman pribadi anda sebagai bahan utama. Perlu diingat semakin tinggi kualitas video yang digunakan maka hasil dari super slow motion akan terlihat bagus.

2. Kemudian unduh dan install aplikasi editing video "Efectum" versi gratis pada Play Store. Sedikit yang membedakan antara versi gratis dan berbayar pada aplikasi ini ialah pada versi gratis maka akan tertera watermark "Efectum" pada hasil video dan tidak ada watermark pada versi berbayar.

3. Ketika anda menjalankan aplikasi tersebut maka anda akan menemukan oleh tiga pilihan pada menu utama, yaitu Fast (mempercepat video), Slow (memperlambat video), and Reverse (memutarmundur video). Tekan Slow dan pilih video yang akan anda gunakan.

apkpure.com

4. Setelah anda memilih video maka anda masuk ke menu Trim Video. Fungsi dari Trim ialah untuk memotong panjang durasi video. Fungsi ini digunakan seandainya video yang anda gunakan berdurasi terlalu panjang sedangkan anda hanya membutuhkan sebagian kecil momentum pada video yang ingin di super slow motion. Geser garis Pink pada kiri dan kanan pada pada layer tepat dibagian bawah layar untuk menentukan momentum pada video yang ingin anda gunakan. Apabila sudah, tekan next maka aplikasi akan memprosesnya.

Dokpri

5. Kemudian anda akan masuk ke menu Slow down. Pada bagian menu ini anda dapat mengolah video tersebut untuk menentukan bagian yang ingin di "super slow motion" dengan menggeser garis Pink pada kiri dan kanan pada pada layer tepat dibagian bawah layar serta menentukan berapa x (kali) kecepatan slow motion (2.0 s.d 5.0) pada video (semakin tinggi nilainya maka akan video semakin lambat dan semakin panjang durasi video). Anda juga dapat melihat langsung efek dari besarnya slow motion dengan memutar video. Setelah selesai, lalu pilih next maka aplikasi akan memprosesnya.

dokpri

6. Langkah selanjutnya adalah menggunakan beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi Efectum, seperti menonaktifkan suara video (langkah ini wajib dilakukan apabila video yang anda gunakan terdengar suara/musik, karena efek super slow motion mempengaruhi kualitas suara/musik), menambahkan suara/musik pada video, menambahkan filter pada video, dan lain-lain sebagainya. Apabila sudah, tekan done.

dokpri

7. Selamat anda telah membuat video super slow motion, langkah yang anda lakukan selanjutnya adalah menyimpan/mengarsipkan video ini pada gallery multimedia smartphone ataupun membagikan (men-share) video super slow motion tersebut ke media sosial.

dokpri

Sekian tutorial praktis membuat video super slow motion yang Penulis bisa bagikan. Untuk melihat contoh video super slow motion oleh aplikasi ini para pembaca bisa melihatnya langsung melalui aplikasi Instagram dengan tagar efectum. Apabila para pembaca ingin lebih dalam menguasai tehnik editing video super slow motion maka Penulis merekomendasikan aplikasi KineMaster. Aplikasi tersebut dapat dikombinasikan dengan aplikasi Efectum untuk menggabungkan beberapa video super slow motion sekaligus. Demikian artikel Penulis, mohon maaf bilamana ada kekurangan dikarenakan kekurangan milik Penulis pribadi. Terima kasih.

Sumber video : Cheetah Running Full Speed Awesome Speed - Best Fails & Pranks (YouTube)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline