Lihat ke Halaman Asli

Reno Dwiheryana

TERVERIFIKASI

Blogger/Content Creator

Mi Macro Lens, Wujud Mungil dengan Hasil Maksimal

Diperbarui: 4 April 2017   17:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulis sebagai pengguna Smartphone Mi dalam hitungan bulan dapat dibilang masih baru, selain ketertarikan kepada dunia teknologi cukup tinggi mungkin sudah menjadi tipikal pribadi ingin mengetahui dan mencari serta menggali apa saja informasi yang Penulis rasa menarik. Seperti diketahui bahwa produk Mi (Xiaomi) tidak seperti apa dikira oleh Penulis sebelumnya bahwa diluar lingkup Indonesia produk Mi mulai merambah pasar global, seperti LED, Water purifier , dan perangkat  lainnya. Produsen ini yang mulai mengepakkan sayapnya sampai-sampai diberikan julukan Apple dari Tiongkok dikarenakan cikal bakal berikut visi dan misi mereka hampir serupa. Hanya saja kiprah produsen ini di Indonesia belum terlalu diminati, mungkin hal tersebut disebabkan antipati masyarakat terhadap produk asal negeri Tiongkok yang masih dipertanyakan kualitasnya dan juga himpunan persepsi miring yang terus mengiringinya. Jujur dari apa yang Penulis amati dan cari tahu Mi belumlah dapat disandingkan dengan produsen besar yang lebih dahulu ketimbang mereka apalagi sekaliber Apple, dikarenakan apa maka itu akan menjadi pembahasan di materi di artikel-artikel Penulis lainnya. Namun yang pasti apa yang Penulis dapat sampaikan Mi harus memperbaiki Quality Control produknya karena untuk lingkup Smartphone saja, kasus cacat produk tidak jarang ditemui dan menyangkut QC merupakan harga mati yang wajib diperbaiki oleh setiap produsen manapun demi membangun persepsi baik kepada konsumen terhadap perusahaannya.

Tak beberapa lama semenjak rasa puas menggunakan salah satu produk Mi menambah ketertarikan Penulis akan produk Mi lainnya yaitu Mi Macro Lens, tepatnya apa itu Mi Macro Lens? Mi Macro Lens merupakan perangkat Mi berupa lensa yang berfungsi ganda sebagai penambah kemampuan kamera khususnya Smartphone Mi dengan mengaplikasikan mode (0.67x) wide dan (10x) macro. Berwujud mungil namun dengan hasil maksimal, lensa ini terbagi tersusun dari dua bagian terpisah yang memiliki fungsi seperti Penulis jabarkan sebelumnya. Ketika tidak dipisah atau dalam keadaan utuh maka lensa ini menambah lebar area objek yang akan difoto, sedangkan ketika dipisah maka anda dapat menggunakan lensa tersebut sebagai lensa makro untuk menangkap gambar dengan objek sangat kecil seperti beberapa contoh dalam artikel ini. 

Artikel luar negeri yang membahas mengenai Mi Macro Lens sebenarnya sudah sangat banyak, namun harga perangkat ini yang terbilang tak perlu merogoh kocek terlalu dalam membuat Penulis penasaran ingin mencoba dan mengulasnya. Kendala yang Penulis alami yaitu mencari perangkat ini dimana pada website resmi Mi Indonesia belum menjualnya demikian pula untuk toko maupun forum jual beli online, hal tersebut mungkin disebabkan oleh minat masyarakat yang kurang. Sampai pada akhirnya Penulis beruntung menemukan pihak yang menjualnya, setelah berbincang beberapa lama dengannya pun Penulis mengetahui latar belakang kendala mengapa perangkat Mi sulit beredar di negeri ini.

Kemudian apa saja yang disertakan oleh perangkat Mi Macro Lens ini? Mi identik dengan kesederhanaanya baik tampilan berikut paket penjualan yang minimalis. Apa yang anda dapatkan hanyalah sebuah kotak berdimensi kecil yang menjadi tempatnya, sebuah Mi Macro Lens, sebuah rubber sebagai tempat Mi Macro Lens, sebuah pouch hitam kecil, dua buah adapter guna mengaplikasikan Mi Macro Lens ke kamera, dua buah double tap untuk menggantikan perekat pada adapter jika sudah tidak lengket lagi. Dengan paket yang minimalis tersebut wajar apabila harganya relatif terjangkau, akan tetapi kualitas yang dihasilkannya tidak bisa diragukan walau spesifikasi dari kamera perangkat menjadi peran utama untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik lagi.

Pengaplikasian Mi Macro ini tidaklah sulit, setelah adapter dipasangkan ke casing belakang maka anda  dapat memasangkan perangkat tambahan ini dengan memutarnya. Namun yang menjadi persoalan apabila anda menggunakan fungsi wide maka Mi Macro akan menutup wilayah blitz/flash pada kamera dimana umumnya terletak tepat persis didekatnya. Kemudian adapternya menggunakan perekat sehingga memungkinkan adapter mudah hilang, oleh karena itu sebaiknya anda teliti untuk mewanti-wanti adapter ini jatuh. Setelah mengetahui seberapa kemampuan dari fungsi widenya, maka Penulis mencobanya fungsi macronya. Dengan melepas bagian dari Mi Macro Lens maka Smartphone Penulis memiliki kemampuan mengambil objek kecil.

Mungkin dikarenakan masih mencoba maka sedikit akan bingung objek apa yang ingin ditangkap, alhasil lalat yang sedang hinggap di sebuah tanaman di halaman rumah dan gerombolan semut merah kecil yang kumpul bareng di dapur menjadi objek foto. Untuk mengambil gambar makro terbilang sulit karena sedikit saja getaran maka kamera kehilangan fokus hingga memburamkan objek dan Penulis harus beberapa kali mengambil gambar untuk mendapatkan hasil yang kiranya mencukupi. Dari sedikit percobaan tadi tersebut, Penulis menyimpulkan Mi Macro Lens ini merupakan perangkat tambahan yang dapat menyenangkan. Tampaknya Mi benar-benar memperhatikan apa keinginan pengguna tak terbatas pada teknologi namun juga lingkup fotografi makro, dengan adanya perangkat ini kreativitas fotografi menggunakan perangkat layaknya Smartphone sekiranya dapat lebih dieksplorasi lagi. Demikian artikel Penulis, mohon maaf bilamana ada kekurangan dikarenakan kekurangan milik Penulis pribadi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline