Lihat ke Halaman Asli

Anda Ingin Bahagia?

Diperbarui: 12 April 2023   11:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Manusia pada umumnya adalah makhluk hidup yang suka beraktivitas. Seperti halnya dalam bekerja, belajar, berolahraga, bermain dan lain sebagainya. Semua aktivitas ini dilakukan oleh manusia karena mempunyai kaitan/hubungannya dalam hidup. Tatapi yang lebih utama dan terutama adalah manusia bekerja, belajar, berolahraga, bermain dan lain sebagainya hanya untuk mendapatkan dan merasakan arti KEBAHAGIAAN.

Dalam Psikologi Timur, kebahagiaan itu tidak perlu dicari-cari. Karena kebahagiaan itu sudah ada dalam diri manusia itu sendiri, Namun hanya saja yang menghalangi kebahagiaan itu adalah pikiran, perasaan, dan emosi yang bergejolak dalam dunia batin manusia.

Pikiran, perasaan, dan emosi dalam Psikologi Timur disebut sebagai Manas manusia. Manas ini muncul (pikiran, perasaan dan emosi) jika manusia mengalami sesuatu peristiwa yang memberikan kesan dalam hidupnya, baik peristiwa yang berkesan baik maupun peristiwa yang berkesan buruk dalam hidupnya. Kemudian kesan baik/buruk yang dirasakan oleh manusia ini akan tersimpan dalam memori yaitu di gudang memori manusia. 

Perlu untuk diketahui bahwa ketika manusia mengalami sesuatu peristiwa dan peristiwa itu akan menjadi kesan lalu kesan itu tersimpan dalam memori, ada Manas(pikiran, perasaan dan emosi) manusia yang sedang terlibat di dalamnya. 

Misalnya, ada seorang anak yang dipukul oleh ayahnya sampai anak ini terluka, sakit dan stres. Pertanyaannya, mengapa anak ini bisa stres dan sakit hanya gara-gara dipukul ???

Kerena Manas anak ini (pikiran, perasaan dan emosi) yang terlibat Sangat buruk.

Misalnya:

Pikirannya : mengapa ayah memukul saya, apa salah saya..?

Perasaannya : Sedih dan marah atas perbuatan ayahnya.

Emosinya : Dia Menangis bahkan dia bisa bunuh diri karena stress.

Oleh sebab itu, perlu untuk kita ketahui bersama bahwa perlu sekali untuk mengontrol Manas (pikiran, perasaan dan emosi) jika kita mengalami peristiwa yang baik atau buruk dalam hidup. Agar kita bisa merasakan arti KEBAHAGIAAN itu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline