Lihat ke Halaman Asli

Ahsani Nadiyya

Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan

Tingkatkan Minat Makan Ikan, KKN Tim II Undip Adakan Edukasi Pengenalan Ikan Konsumsi di SDN 2 Joho

Diperbarui: 16 Agustus 2023   07:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama siswa SDN 2 Joho (22/07/2023) Dokpri

Joho, Pracimantoro - Program penyuluhan pengenalan ikan konsumsi dilaksanakan oleh KKN Tim II Undip pada hari Sabtu (22/07/2023) di SDN 2 Joho, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Penyuluhan ini diikuti oleh seluruh siswa SDN 2 Joho. Program ini dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa Akuakultur Universitas Diponegoro, Nabilah Adhana Rulita Ningtyas yang ingin meningkatkan minat dalam mengonsumsi ikan pada siswa SDN 2 Joho. Ikan sendiri memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Akan tetapi anak -- anak terkadang tidak mau untuk mengonsumsi ikan padahal ikan memiliki banyak manfaat. Sehingga perlunya dilakukan pengenalan dan manfaat dalam mengonsumsi ikan guna meningkatkan pemahaman anak pentingnya dalam mengonsumsi ikan.

Penyuluhan diawali dengan pemaparan materi tentang potensi perikanan Indonesia sebagai negara maritim, pengertian ikan konsumsi, macam -- macam ikan konsumsi, manfaat mengonsumsi ikan, dan macam -- macam produk ikan. Penjelasan macam -- macam ikan konsumsi dibagi berdasarkan habitatnya yaitu ikan konsumsi air tawar, ikan konsumsi air payau, dan ikan konsumsi air laut. Pada proses penyuluhan dijelaskan ikan tidak hanya digoreng saja tetapi masih banyak produk berbahan dasar ikan yang bisa dicoba. Dengan pengenalan banyak produk berbahan dasar ikan, siswa SDN 2 Joho yang tidak suka memakan ikan menjadi mau untuk mencoba memakan ikan.

Kegiatan penyuluhan berhasil menarik minat siswa SDN 2 Joho untuk ingin mencoba berbagai macam produk berbahan dasar ikan. Siswa -- siswi SDN 2 Joho mendengarkan pemaparan dengan antuasias yang tinggi dan mengerti dari apa yang sudah dijelaskan serta dapat menjawab quiz yang diberikan dengan tepat. Penyuluhan  diakhiri dengan makan bersama dengan lauk ikan. Dengan penyuluhan yang sudah dilakukan diharapkan siswa -- siswi SDN 2 Joho semakin suka dalam mengonsumsi ikan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline