Lihat ke Halaman Asli

Ahsani Nadiyya

Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan

Maksimalkan Konten Website Desa, KKN Tim II Undip Melakukan Pelatihan bersama Perangkat Desa Joho

Diperbarui: 12 Agustus 2023   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan penulisan artikel oleh KKN Tim II Undip bersama Perangkat Desa Joho, Senin (31/07/2023).

JOHO, WONOGIRI - Program pelatihan penulisan artikel dilaksanakan oleh KKN Tim II Undip pada hari Senin (31/07/2023) di Balai Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Pelatihan dihadiri oleh Perangkat Desa Joho yang mengelola konten di website resmi Desa Joho. Program yang diprakarsai oleh Annisa Zulfalia Az Zahra, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro ini berangkat dari keinginan untuk memaksimalkan konten yang ada di website desa.

“Website Desa Joho sudah dibuat dengan sangat baik mulai dari tampilan hingga isi konten yang informatif, pelatihan ini dilakukan untuk memaksimalkan konten yang sudah ada supaya informasi yang ada bisa tersampaikan dan menjangkau lebih banyak pembaca baik di dalam maupun di luar Desa Joho,” ujar Zulfalia.

Jati Nurhuda S.T.P, salah satu Perangkat Desa Joho menyebut bahwa website dibuat untuk menjembatani orang-orang yang merantau keluar desa supaya bisa tetap mengetahui keadaan desa.

KKN Tim II Undip bersama Perangkat Desa Joho setelah pelatihan, Senin (31/07/2023)

Dalam menjalankan programnya, Zulfalia melakukan pelatihan intensif kepada tiga orang perangkat desa berkaitan dengan jenis-jenis artikel dan cara menulis artikel dengan efektif. Salah satu topik yang dibahas adalah penempatan 5W+1H di awal paragraf untuk Straight News atau artikel yang menginformasikan peristiwa aktual. Selain artikel, Zulfalia juga memberikan tips dalam menulis caption media sosial seperti Instagram supaya lebih efektif dan bisa menaikkan insight.

“Kami berterima kasih karena pelatihan ini kami mendapat ilmu baru, semoga nanti bisa diterapkan di website kami kedepannya,” tutur Jati pada Senin (31/07/2023).

Meski tidak dapat dilakukan dengan mendalam, diharapkan pelatihan ini bisa membantu dalam mengembangkan dan memaksimalkan website serta media sosial resmi Desa Joho.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline