Lihat ke Halaman Asli

Saniya Daara

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

Mengenal Poundfit: Tren Olahraga Gen Z

Diperbarui: 9 Mei 2023   07:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Mengenal Olahraga Poundfit: Pengertian hingga Cara Melakukannya!

 

Tahukah kalian dengan poundfit, jenis olahraga baru yang sedang popular di kalangan masyarakat belakangan ini. Poundfit merupakan olahraga kardio yang dilakukan dengan gerakan seperti bermain drum menggunakan stik dengan durasi kurang lebih sekitar 45 menit. Jenis olahraga ini sedang banyak penggemar dikarenakan memiliki manfaat yang mampu membakar hingga 900 kalori. Wah menarik bukan! Selain karena manfaatnya, poundfit juga banyak digemari karena biasanya dilakukan bersama-sama, tidak seperti jenis olahraga lain yang mungkin seringkali dilakukan sendirian, selain bermanfaat untuk kesehatan, olahraga tersebut juga dapat menambah kesenangan apalagi bila melakukannya bersama teman.

Menurut Health Fitness Revolution (2023), poundfit merupakan sebuah teknik kardio baru yang diciptakan oleh Carrie Ekins, uniknya ia menemukan olahraga ini saat berada di kursi roda. Tren olahraga ini muncul dari Hollywood, California. Olahraga poundfit menciptakan irama menjadi musik dan mengiringi proses latihan untuk memberi kegembiraan kepada tubuh saat sedang melakukannya. Gerakan-gerakan poundfit terinspirasi dari yoga dan pilates. Seorang instruktur poundfit dari Atlanta mengatakan bahwa tidak hanya dengan music yang diputar instruktur saat berolahraga tetapi para peserta ikut menciptakan lagu dengan ripstix, stik drum dengan bobot yang ringan.

Poundfit memiliki berbagai manfaat diantaranya ialah dapat menurunkan berat badan karena tidak hanya membakar lemak Ketika berolahraga, tetapi berlatih interval kardio membantu membakar lemak. Olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, poundfit melibatkan pergerakan setiap bagian tubuh disaat yang bersamaan. Selain itu, gerakan memukul drum juga dapat melatih fokus dan meningkatkan konsentrasi. Tidak hanya untuk kesehatan, poundfit juga mempunyai manfaat yang tak kalah hebatnya dengan psikis seseorang, poundfit dapat meningkatkan mood dengan gerakan-gerakannya yang menyenangkan. 

Olahraga seringkali dianggap membosankan dan tidak menyenangkan bagi kebanyakan orang, tetapi poundfit menyajikan berbagai teknik latihan yang berbeda sehingga latihan ini menantang baik secara fisik maupun mental. Poundfit juga menyenangkan karena dengan memukul drum maka akan muncul berbagai irama dan merasakan berbagai genre musik. Olahraga ini juga dapat dijadikan stress relieving atau penghilang stress karena gerakan poundfit sangat energik dan music yang mengiringi juga sangat up beat sehingga dapat mengurangi stress.

Dikutip dari laman Poundfit, olahraga ini menggunakan satu alat yakni ripstix. Terdapat empat gerakan dasar yang perlu diketahui dan dikuasai diantaranya adalah:

Set, gerakan yang hampir mirip dengan deep squat yaitu gerakan jongkok dan pinggul yang sejajar dengan lutut dan kedua tangan memegang ripstix. 

Lunges, kaki kiri ditekuk ke depan dan kaki kanan ditekuk ke belakang kemudian punggung tetap tegak dan kedua tangan diangkat keatas.

Kit, duduk dengan punggung tegak dan kaedua kaki yang ditekuk ke atas hingga menekan otot yang ada di perut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline