Lihat ke Halaman Asli

Saniscara Official

Freelance Writer

Barometer Aneroid: Korelasi Tekanan Atmosfer dengan Keadaan Laut

Diperbarui: 19 September 2023   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://uk.m.wikipedia.org/wiki/%D0%A4%D0%B0%D0%B9%D0%BB:Wohnzimmerbarometer.jpg

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang Peralatan Meteorologi Maritim bernama Handheld Anemometer. Sekarang, kita akan lanjut membahas instrumen lain bernama Barometer Aneroid.

Sebenarnya, kita sudah pernah membahas alat ini pada postingan berjudul "Barometer: Siap Bekerja di Bawah Tekanan!" yang diposting pada tanggal 21 Agustus 2023. Jadi, kali ini kita hanya akan reminder sekilas dan menjelaskan kegunaannya pada bidang Meteorologi Maritim.

https://www.kompasiana.com/saniscaraofficial5367/64e3419f4addee129c520e92/barometer-siap-bekerja-di-bawah-tekanan

Sama seperti Barometer pada umumnya, Barometer Aneroid merupakan alat untuk mengukur tekanan atmosfer di suatu wilayah. Hanya saja, alat ini bekerja dengan menggunakan sebuah ruang tertutup berisi gas yang responsif terhadap perubahan tekanan. Ruang ini ditempatkan di dalam kotak fleksibel yang terhubung dengan sebuah jarum penunjuk. Ketika tekanan udara berubah, kotak fleksibel akan berkontraksi dengan mengembangkan diri sehingga jarum penunjuk bergerak melalui mekanisme yang terhubung dengannya.

Dalam Meteorologi Maritim, pemahaman yang baik tentang tekanan atmosfer adalah kunci untuk mengambil keputusan yang bijak saat berlayar di laut terbuka. Dengan teknologi yang semakin canggih, penggunaan Barometer Aneroid dalam Meteorologi Maritim menjadi semakin penting untuk mengantisipasi perubahan cuaca ekstrem dan meminimalkan risiko yang terkait dengan pelayaran di lautan yang luas.

https://riau.harianhaluan.com/berita/pr-117171937/key-visual-one-pice-live-action-di-netflix-diumumkan-tanggal-tayang

Baik, sekian yang dapat kami sampaikan terkait Barometer Aneroid. Kurang lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa di instrumen berikutnya, calon Forecaster muda!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline