Lihat ke Halaman Asli

Pertama Kali Tinggal di Apartemen? 10 Hal Inilah yang Wajib Anda Ketahui

Diperbarui: 28 Juli 2017   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://blog.indiaproperty.com

Seiring dengan berkurangnya ketersediaan jumlah rumah tapak (Landed Housing) disertai pesatnya pembangunan hunian bertingkat (Vertical Housing) di wilayah perkotaan, maka kebutuhan dan permintaan hunian di apartemen pun semakin bertambah. Sehingga pada saat ini, tidak sedikit muncul keberadaaan para penghuni baru apartemen yang rata-rata belum memiliki pengalaman untuk tinggal di hunian bertingkat.

Bagi orang-orang yang sudah bertahun-tahun dan terbiasa tinggal di apartemen, mengetahui berbagai macam peraturan dan sistem yang berada di apartemen adalah hal yang mudah. Namun bagaimana jika anda adalah salah satu orang yang sama sekali belum pernah tinggal di apartemen?

Sebenarnya banyak sekali aspek dalam hunian yang perlu anda kuasai dan pahami apabila anda sudah menetapkan hati untuk tinggal di apartemen. Namun, pada dasarnya terdapat 10 hal yang anda tidak boleh lewatkan ketika anda pertama kali menginjakan kaki di apartemen. Berikut adalah hal-hal basic but essentialyang perlu anda ketahui:

1. Aktif dalam Hal Registrasi Penghuni

Apakah anda termasuk kedalam orang yang sangat malas untuk mengurus administrasi pada saat membeli/menyewa sebuah apartemen? Stop kebiasaan buruk itu! Karena bila anda mulai menjadi penghuni apartemen, identitas dan latar belakang keluarga anda adalah hal yang sangat penting. Tidak sedikit para penghuni yang menyepelekan dan bahkan enggan untuk menulis ataupun memberikan data diri mereka kepada badan pengelola. 

Sebagai informasi bagi badan pengelola dalam melakukan pemantauan para penghuni apartemen, pentingnya ketersediaan informasi anda adalah pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, kebakaran ataupun force majeure.Contohnya pada saat terjadi kebakaran, maka tim badan pengelola mengetahui unit-unit apartemen mana saja yang berisi anak kecil, dewasa ataupun lansia. Sehingga memudahkan mereka dalam mengevakuasi dan menyelamatkan para penghuni. Namun apa jadinya bila anda lupa untuk melengkapi data diri suami/istri, anak atau bahkan orang tua anda yang ikut tinggal dalam unit anda?

2. Mengetahui Jatuh Tempo Biaya Service Charge & Sinking Fund

Tidak seperti tinggal di rumah tapak, terdapat biaya yang perlu anda bayar jika tinggal di apartemen selain daripada biaya listrik dan air. Biaya tersebut dinamakan "Service Charge" dan "Sinking Fund". Untuk apakah biaya service chargedan sinking fundtersebut? Perbaikan gedung, perawatan, asuransi gedung, keperluan administrasi pengelola gedung, management fee, biaya gaji karyawan yang mengelola apartemen dan biaya operasional lainnya termasuk kedalam komponen biaya service charge.

Sedangkan sinking fund adalah dana cadangan yang dipergunakan untuk biaya perawatan gedung dan area umum. Anda akan mendapatkan jumlah nominal tagihan service chargedan sinking fundsesuai dengan luasan unit apartemen yang anda huni. Jangka waktu penagihan memiliki durasi yang berbeda-beda, dari mulai per-bulan, per-3 bulan atau bahkan pertahun dan wajib anda bayar. Tagihan ini dikirimkan melalui mailbox, e-mail,ataupun sms. Apakah konsekuensinya jika kita tidak membayar service chargedan sinking fund?Jangan berharap anda akan tidur nyenyak jika anda telat membayar service charge,karena pengelola gedung akan memutuskan fasilitas listrik dan air anda.

3. Mengetahui Waktu Masuk-Keluar Barang

Jika anda dengan mudahnya memasukan dan mengeluarkan barang pada saat tinggal di rumah tapak, maka jangan pernah sekalipun anda pindahan rumah ataupun memasukan/mengeluarkan barang di malam hari ke/dari unit anda. Apartemen adalah tempat dimana hunian anda bersinggungan langsung dengan hunian sebelah kanan/kiri dan atas/bawah anda. Hampir semua apartemen menerapkan sistem keluar/masuk barang sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Biasanya jam operasional keluar/masuk barang berada pada pukul 09.00-15.00 di waktu weekenddan 09.00 - 12.00 di hari Sabtu. Jadi, aturlah jam pemindahan barang-barang anda sesuai dengan jadwal yang ditentukan, ya!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline