Pengertian pembelajaran tidak terlepas dari pengertian belajar, belajar dan pembelajaran menjadi satu rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Hasil dari belajar menjadi model dalam proses pembelajaran selanjutnya. Pembelajaran berarti kegiatan belajar yang dilakukan oleh pemelajar dan guru. Proses belajar menjadi satu sistem dalam pembelajaran. Sistem pembelajaran terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi hingga diperoleh interaksi yang efektif diantara keduanya.
Pembelajaran akan berhasil dan berjalan secara efektif apabila dalam perancangan dan pengembangan awal bertitik tolak pada karakteristik pebelajar (siswa), mata pelajaran dan pedoman pada kompetensi dasar, tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan atau indikator keberhasilan belajar. Belajar akan berhasil jika pebelajar (siswa) secara aktif melakukan sendiri proses belajar melalui berinteraksi dengan berbagai sumber belajar yang mereka cari dan dapat. Sedangkan pembelajaran itu sendiri merupakan suatu sistem yang membantu individu belajar dan berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungan mereka.
Hakikat Belajar
Menurut Witherington (Purwanto, 2002: 84) belajar merupakan suatu perubahan di dalam diri individu yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian. Travers (Suprijono, 2009: 2) memberikan pengertiannya mengenai belajar yaitu proses menghasilkan penyesuaian tingkah laku. Demikian Hilgard dan Bower (Purwanto, 2002: 84) menjelaskan bahwa belajar berkaitan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, perubahan tingkah laku tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respons pembawaan, kematangan, atau keadaan-keadaan sesaat, misalnya kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya.
pada intinya Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja oleh setiap individu, sehingga terjadi perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak bisa berjalan menjadi bisa berjalan, tidak bisa membaca menjadi bisa membaca dan sebagainya. Belajar adalah suatu proses perubahan individu yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya ke arah yang baik maupun tidak baik.
Tujuan Belajar
Perlu kita ketahui bahwa tujuan utama pembelajaran adalah guna menambah pengetahuan serta memperbaiki cara berpikir pada diri seseorang. Belajar memang lebih populer di kalangan pelajar dan juga kalangan mahasiswa. Namun faktanya, setiap orang di manapun dan kapanpun harus terus belajar. Sebagaimana telah dijelaskan oleh Winkel (2009), tujuan belajar adalah aktivitas mental atau psikologis yang terjadi dalam interaksi aktif dengan lingkungan mereka berada, sehingga menghasilkan serangkaian perubahan yang relatif permanen dan berkelanjutan. Keberhasilan dalam pembelajar sangat mempengaruhi pola pikir serta perilaku seseorang. Pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari adalah tentang melatih kemandirian, kemampuan beradaptasi dan mampu menambah penghasilan dengan mengembangkan keterampilan sosial pada diri tiap individu.
Tujuan pembelajaran menurut para ahli:
- Reber (dikutip oleh Suprijono, 2010) Tujuan belajar adalah proses memperoleh pengetahuan.
- Slameto (2010) Tujuan belajar adalah proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan-perubahan baru dalam tingkah lakunya sebagai hasil pengalaman interaksi dengan lingkungan.
- Sagala (2005) Tujuan pembelajaran adalah proses perubahan perilaku atau kepribadian seseorang berdasarkan praktik dan pengalaman tertentu.
- Sardiman (2008) Tujuan belajar adalah mengubah tingkah laku atau penampilan melalui berbagai kegiatan seperti membaca, menulis dan sebagainya, dan belajar lebih baik bila subjek mengalami dan melakukannya.
- Winkel (2009) Tujuan belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan dan menghasilkan beberapa perubahan yang relatif permanen dan bertahan lama.
- M.Ngalim Purwanto Tujuan belajar adalah perubahan kepribadian yang menampakkan diri sebagai pola diri yang baru dan bukan sebagai reaksi berupa keterampilan sikap, kebiasaan, kecerdasan atau pemahaman.
secara umum tujuan belajar adalah mengembangkan kemampuan dalam berfikir dan mengembangkan kecerdasan dalam artian belajar dapat mengembangkan logika serta kemampuan mengambil keputusan dalam hidup individu. Belajar juga merupkan bentuk usaha pelatihan kemandirian dan juga usaha dalam mengembangkan kemampuan beradaptasi, dalam artian kegiatan belajar dapat membuka wawasan seseorang dan menawarkan pandangan atau pemikiran yang lebih luas.
Ciri-Ciri Belajar
Menurut pandangan Gagne, pembelajaran setidaknya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
- Ada fitur baru atau perubahan. Perubahan perilaku tersebut berupa pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor), nilai dan sikap (afektif).
- Perubahan tersebut tidak hanya berlangsung sesaat tetapi bersifat permanen atau dapat disimpan.
- Perubahan tidak terjadi secara kebetulan, melainkan harus dicapai dengan sebuah usaha.
- Perubahan akibat interaksi dengan lingkungan.
- Perubahan perilaku karena pengalaman masa lalu atau pembelajaran yang disengaja dan terfokus.