Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Yunus

Kemandirian Pilar Dalam Kebersamaan Saling Berpadu

Puasa Bicara, Berbukalah dengan Menulis (9)

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LITERATUR

Liriklah tulisan para penulis dengan racikan bumbu aksara yang melahirkan olah tulisan berbeda. Setiap tulisan tidak berdiri sendiri. Sebuah tulisan ditopang oleh tulisan lain yang telah dituliskan oleh penulis. Seperti menulis buku ini, didukung oleh berbagai tulisan orang lain. Tulisan itu bernama literatur.

Literatur adalah bagian yang tidak terpisahkan ketika Anda menjadi penulis hebat. Tidak ada tulisan hebat seseorang yang berdiri sendiri. Ketika mengalami dahaga idea tau hedidrasi gagasan, maka leteratur adalah air untuk melapas dahaga ide dan penghilang dehedrasi gagasan.

Literatur adalah penguat sebuah tulisan. Menguatkan dengan argumentasi-argumentasi penulis yang saling berhubungan. Literatur berfungsi penambah argumentasi sebuah tulisan. Litertur dalam berbagai tulisan menjadi tulang utama sebuah tulisan. Dalam beberapa bab sebelumnya Anda mendapatkan kata-kata mutiara,  pernyataan beberapa orang tentang topic tertentu. Menurut si A, B dan C. Semua ini tidak datang begitu saja, namun hal tersebut adalah literature yang ditulis oleh sebagai penguat sebuah tulisan.

Kemudian bagaimana cara mendapatkan literature untuk mendukung sebuah tulisan. Berikut ada beberapa langkah dan tips untuk mendapatkan literature yang dibutuhkan dalam menulis.

Literatur Buku

  1. Bacalah kata pengantar atau pendahuluan sebuah buku

Membaca kata pengantar memberikan gambaran umum tentang sebuah buku. Penulis meletakkan dasar utama pembahasan yang dijabarkan dalam bebagai bab.

  1. Lihatlah daftar isi sebuah buku.

Seperti memilih jenis makanan ketika hendak makan disebuah restoran. Tidak semua makanan akan dimakan. Begitu juga dengan membaca daftar isi. Bab yang berhubungan dengan tulisanlah yang akan dibaca dan diambil sebagai literature.

  1. Lihatlah Indeks

Sebuah buku yang baik memiliki indeks kata. Manfaat indeks kata ini mempermudah melakukan penelusuran berdasarkan kata kunci tertentu. Buku yang baik adalah buku yang mempunyai indeks di halam bekalang setelah daftar pustaka.

Literatur artikel, makalah

  1. Bacalah kata pengantar dari makalah atau artikel yang ditulis oleh penulis makalah
  2. Melihat abstrak dari sebuah artikel dan kata kunci yang digunakan. Pada sebagaian makalah hanya menyediakan daftar isi. Beberapa artikel ilmiah menggunakan kata kunci yang terletak di bawah abstrak makalah.
  3. Membuat catatan tersendiri. Hal ini bermanfaat untuk mempermudah penelusuran literature.
  4. Menandakan dengan memberikan warna, atau membuat garis dibawah kalimat yang dianggap penting untuk literature.

Literatur online

Sedangkan literature online ada beberapa cara yang sedikit berbeda dengan menelusuri literature terumata buku

1.Menggunakan kata kunci dan ditambah dengan tanda petik seperti “defenisi menulis” Menggunakan tanda petik adalah memfocuskan pencarian pada kalimat tersebut.

Dan Anda akan mencoba beberapa kata kunci dalam panduan online Anda:

2.Khusus untuk menggunakan seach engine google, gunakanlah kategori yang memudahkan mendapatkan literature.

3.Selanjutnya adalah menyimpan data Anda dalam folder tertentu dengan judul kata kunci yang anda pilih.

4.Mengkopi alamat website yang anda akses di akhir hasil pencarian anda apabila mengkopi kedalam document. Hal ini memudahkan Anda menuliskan sumber refensi dan menghindari dari copy paste atau plagiat tulisan. Contoh:

http://muhamadyunus.blogspot.com/2009/12/anjungan-tunai-mangkok.html,

Dan saya ingin Anda menuliskan ide Anda tentang menelusuri literature yang berasal dari pengalaman Anda sendiri, ketika menelusuri literature secara online!

Tulisan sebelumnya :

Puasa Bicara, Berbukalah dengan Menulis 1

Puasa Bicara, Berbukalah dengan Menulis 2

Puasa Bicara, Berbukalah dengan Menulis 3

Puasa Bicara, Berbukalah dengan Menulis 4

Puasa Bicara, Berbukalah dengan Menulis 5 Puasa Bicara, Berbukalah dengan Menulis 6 Puasa Bicara, Berbukalah dengan Menulis 7 Puasa Bicara, Berbukalah dengan Menulis 8




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline