Lihat ke Halaman Asli

Sangkara70

Mahasiswa

Desa Belung Sambut Hangat Pembukaan Kelompok KKM 70 UIN Malang

Diperbarui: 23 Desember 2023   22:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potong Tumpeng Bersama Perwakilan Kepala Desa (Sumber Gambar: Dokumen Pribadi)

Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar Kuliah Kerja Mahasiswa Reguler (KKM-R) yang merupakan kegiatan  pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata pada masyarakat. Kegiatan ini menunjukkan komitmen mahasiswa dalam menerapkan prinsip tri dharma perguruan tinggi, sebagai bentuk implementasi ilmu pengetahuan dan keterampilan para mahasiswa untuk mendukung kemajuan masyarakat. Program KKM-R dilaksanakan di bawah arahan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) yang akan berlangsung selama 40 hari dari tanggal 20 Desember 2023 sampai 31 Januari 2024.

Dalam menjalankan KKM-R, UIN  Malang melakukan pembagian wilayah kerja yang tersebar pada 100 desa dan terbagi dalam 8 kecamatan. Desa Belung merupakan salah satu desa tempat  kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan mahasiswa UIN Maliki Malang. Wilayah kerja tersebut berada di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang yang memiliki 2 dusun yakni dusun Krajan dan Dusun Buntaran.

Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Belung dilaksanakan oleh dua kelompok kerja, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 12 mahasiswa. Program kerja dari setiap kelompok ditempatkan pada dua dusun yang berbeda, yaitu Dusun Buntaran yang ditempati oleh Kelompok 70 dan Dusun Krajan yang ditempati oleh Kelompok 71. Hal ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif secara merata di Desa Belung.

KKM Kelompok 70 (Sumber Gambar: Dokumen Pribadi)

Kegiatan KKM-R mahasiswa diawali dengan acara pembukaan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 21 Desember 2023 di Balai Desa Belung. Acara tersebut berlangsung dari pukul 09.30 WIB hingga 11.00 WIB yang dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 70, Bapak Muhammad Anwar Masadi, MA.  dan kelompok 71, Bapak Ahmad Muis, S.Ag, MA., serta perangkat Desa Belung. Rangkaian acara meliputi pembukaan resmi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari ketua kelompok, DPL, dan Perangkat Desa, kemudian dilanjutkan pemotongan tumpeng dan pembacaan doa.Kedatangan mahasiswa UIN Malang ke Desa Belung disambut dengan hangat oleh perangkat desa. Bapak Totok selaku perwakilan kepala desa Belung mengungkapkan harapannya agar mahasiswa KKM dapat dengan mudah beradaptasi dan memberikan kontribusi maksimal yang berkelanjutan bagi perkembangan masyarakat di Desa Belung. Beliau menekankan pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam pembangunan desa, serta mendorong semangat kolaboratif untuk menciptakan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari warga desa.

Setelah sambutan dari perangkat desa, suasana semakin hangat ketika bapak Mu'is selaku DPL mengambil peran dalam pemotongan tumpeng. Dengan penuh kehormatan, tumpeng kemudian diserahkan secara simbolis kepada Bapak Totok sebagai perwakilan kepala desa. Momen ini tidak hanya menjadi tanda penerimaan resmi kegiatan KKM yang diselenggarakan oleh UIN Malang, tetapi juga diiringi harapan dan doa agar segala upaya yang dilakukan dalam kegiatan KKM dapat memberikan hasil yang terbaik bagi perkembangan masyarakat Desa Belung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline