Lihat ke Halaman Asli

10 Pertanyaan Mengenai TortoiseSVN dan CVS

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

1. Apa yang dimaksud dengan TortoiseSVN ?

- TortoiseSVN adalah sumber-terbuka bebas Windows klien untuk sistem kontrol versi Subversion. Yaitu, TortoiseSVN mengatur file dan direktori dari waktu ke waktu. File disimpan dalam pusat repositori. Repositori jauh seperti server file biasa, kecuali bahwa ia mengingat setiap perubahan yang pernah dibuat untuk file dan direktori. Hal ini memungkinkan Anda untuk memulihkan versi file Anda dan memeriksa sejarah tentang bagaimana dan kapan data Anda berubah, dan siapa yang mengubahnya. Inilah sebabnya mengapa banyak orang berpikir dari Subversion dan sistem kontrol versi secara umum sebagai semacam "mesin waktu".

2. Jelaskan maksud dari Integrasi Shell pada TortoiseSVN ?

- TortoiseSVN terintegrasi sepenuhnya dengan shell Windows (contohnya. explorer). Ini berarti bahwa anda dapat tetap bekerja menggunakan piranti yang biasa anda gunakan. Anda tidak perlu beralih ke aplikasi lain untuk menggunakan fungsi kontrol versi tersebut.

Bahkan anda tidak dibatasi hanya dengan Windows Explorer. TortoiseSVN dapat bekerja dengan banyak aplikasi pengaturan file lain, termasuk dengan dialog Arsip/Buka yang umum pada aplikasi standar Windows. Bagaimanapun juga, anda harus ingat bahwa TortoiseSVN sengaja dikembangkan sebagai tambahan dalam Windows Explorer. Karena itu ada kemungkinan dalam aplikasi pengaturan file yang lain integrasi tersebut tidak berjalan seperti dalam Windows Explorer. Misalnya ikon tidak muncul.

3. Apa yang dimaksud CVS ?

- CVS, atau Concurrent Versioning System, adalah sistem kontrol versi. sistem kontrol versi umumnya digunakan sebagai bagian dari siklus pengembangan perangkat lunak untuk melacak dan perubahan kode sumber koordinasi antara tim pengembang.

Sebagai contoh, bug kadang-kadang menyelinap masuk ketika perangkat lunak yang dimodifikasi, dan Anda mungkin tidak mendeteksi bug sampai waktu yang lama setelah Anda membuat modifikasi. Dengan CVS, anda dengan mudah dapat mengambil versi lama untuk melihat mana yang perubahan yang disebabkan bug. Hal ini terkadang bisa menjadi bantuan besar.

Anda bisa saja menyimpan setiap versi setiap file yang pernah dibuat. Namun ini akan menyia-nyiakan sejumlah besar ruang disk. CVS menyimpan semua versi file dalam satu file dengan cara cerdas yang menyimpan hanya perbedaan antara versi.

CVS juga membantu Anda jika Anda adalah bagian dari kelompok orang yang bekerja pada proyek yang sama. Itu semua terlalu mudah untuk menimpa perubahan setiap orang lain 'kecuali Anda sangat hati-hati. Beberapa editor, seperti GNU Emacs, cobalah untuk memastikan bahwa file yang sama tidak pernah diubah oleh dua orang pada saat yang sama. Sayangnya, jika seseorang menggunakan editor lain, yang menjaga tidak akan bekerja. CVS memecahkan masalah ini dengan isolasi pengembang berbeda satu sama lain. Setiap pengembang bekerja di sandbox sendiri, dan CVS menggabungkan bekerja apabila setiap pengembang dilakukan.

4. Apa yang dimaksud TortoiseCVS ?

- TortoiseCVS adalah klien CVS untuk Microsoft Windows dirilis di bawah GNU General Public License. Tidak seperti alat kebanyakan CVS, itu termasuk dirinya dalam shell Windows 'dengan menambahkan entri dalam menu kontekstual dari file explorer, sehingga tidak berjalan di jendela sendiri. Selain itu, ikon menambahkan ke file dan direktori yang dikendalikan oleh CVS, memberikan informasi tambahan kepada pengguna tanpa harus menjalankan aplikasi yang berdiri sendiri skala penuh.

5. Apa kegunaan dari TortoiseCVS itu sendiri ?

- Dengan TortoiseCVS anda langsung dapat melihat modul, update, melakukan dan melihat perbedaan dengan mengklik kanan pada file dan folder di dalam Explorer. Anda bisa melihat keadaan dari file dengan lapisan di atas ikon yang normal dalam Explorer. Bahkan bekerja dari dalam dialog membuka file.

6. Jelaskan fitur “Pembuatan Versi Direktori” pada TortoiseSVN ?

- CVS hanya melacak histori dari file individual, tapi Subversion mengimplementasikan sistem file berversi “virtual” yang melacak perubahan ke seluruh susunan direktori terus menerus. File dan direktori diversikan. Walhasil, ada perintah sisi-klien nyata memindahkan dan mengcopy yang beroperasi pada file dan direktori.

7. Jelaskan fitur “Pembuatan cabang dan tag secara efisien” pada TortoiseSVN ?

- Biaya pencabangan dan tag tidak perlu proporsional pada besarnya proyek. Subversion membuat cabang dan tag dengan cukup mengcopy proyek, menggunakan mekanisme mirip dengan link-kasar. Selanjutnya operasi ini hanya memerlukan waktu hanya sebentar, dan ruang sangat kecil dalam repositori.

8. Jelaskan fitur “Penanganan data konsisten” pada TortoiseSVN ?

- Subversion memperlihatkan perbedaan file menggunakan algoritma pembedaan biner, yang bekerja secara identik pada file teks (bisa dibaca-manusia) dan biner (tidak bisa dibaca-manusia). Kedua tipe file disimpan secara sama dipadatkan dalam repositori, dan perbedaan dikirimkan dalam kedua arah melintasi jaringan.

9. Bagaimana cara masuk ke perintah Subversion pada TortoiseSVN ?

- Semua perintah Subversion tersedia dari menu konteks explorer. TortoiseSVN menambahkannya sendiri submenu disana.

10. Bagaimana cara menginstall TortoiseCVS ?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline