Lihat ke Halaman Asli

Miss Santi

Ibu dua anak

Tertarik atau Cinta?

Diperbarui: 19 Februari 2021   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Kita mungkin pernah merasakannya sebelumnya, momen di mana "percikan api terbang dengan berjuta rasa" antara kita dan seseorang yang istimewa. Itu adalah momen yang mendebarkan ketika kita mengalami perasaan cinta pertama kita, tidak ada perasaan yang  sekuat cinta. 

Mungkin kita memiliki perasaan ini begitu instan seperti saat bertemu mata seseorang di seberang ruangan. Terkadang perasaan itu bisa begitu kuat sehingga membingungkan Anda.

Jika Anda pernah bingung tentang perasaan Anda terhadap seseorang, Anda tidak sendiri. Mungkin sulit untuk membedakannya saat Anda merasa tertarik pada seseorang, atau Anda sedang benar -- benar mengharapkan suatu hubungan.

Tertarik atau Cinta?

Banyak orang tidak menyadari bahwa tertarik adalah bagian dari cinta. Ilmuwan telah membagi cinta menjadi tiga bagian: nafsu, atraksi, dan cinta.

Nafsu itu sendiri sudah jelas, dan tidak sulit untuk mengetahui kapan Anda merasa seperti itu karena beberapa reaksi tertentu terjadi pada tubuh Anda. 

Ketertarikannya hanya itu - tertarik pada orang tersebut, yang dapat dengan cepat mengarah pada nafsu. Namun, sayang adalah apa yang dirujuk orang ketika mereka mengatakan, cinta.

Tertarik dan cinta keduanya bisa terasa  sama, membuat Anda bingung tentang apa yang Anda rasakan. Ini adalah hal yang umum dan hampir semua orang mengalaminya setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Artikel yang ditulis oleh psikolog Theresa E. DiDonato Ph.D., asisten profesor di Loyola University Maryland. mengungkapkan bahwa orang terkadang kesulitan membedakan antara cinta sejati dan tertarik secara instan. 

Menurutnya, keduanya adalah emosi yang kuat dan bisa saling terkait dengan cara yang bisa membingungkan. Namun, beberapa perbedaan kecil dapat membantu Anda mengetahui emosi mana yang sebenarnya Anda rasakan.

Apa perbedaannya 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline