Lihat ke Halaman Asli

Waspada Kejahatan di Musim Libur

Diperbarui: 24 Juni 2015   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Musim Liburan akhir tahun telah telah tiba, bnyak diantara kita yang meghabiskan musim liburan akhir tahun ini dengan berbagai acara yang untuk menghabiskan  waktu liburan kita. berbagai daftar acara dan agenda telah kita susun sejak jauh-jauh hari dengan berbagai rencana dan pilihan untuk mengisi libura panjang ini. tak tang-gung tanggung persiapan dana yang besar pula telah kita siapkan jauh-jauh hari untuk mendukung aksi liburan kita. akhirnya berbagai tempat pilihan liburan telah kita genggam dengan sebarek rencana. dan akhirnya pada saat tiba masa liburan kita harus meningglakan rumah dalam keadaan kosong tampa penghuni. Hal ini merupakan salah satu hal yang bisa mememicu timbulnya aksi kejahatan ketika ketika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Nah untuk mewaspadai itu saya akan memberikan anda sedikit tips yang kiranya bisa membantu anda dalam mencegah aksi kejahatan di rumah anda ketika anda meningglakan rumah adalam kedaan kosong.


  1. pastikan bahwwa semua pintu, jendela area yang bisa membuat orang masuk ke rumah anda telah terkunci denganbaik. ganti segera kunci atau grendel yang kiranya menurut anda telah rusak, jangan menyepelehkan hal ini. karena banyak kejadian yang berakibat fatal dan bisa dicegah jika anda bisa meminimalkan dari awal.
  2. pastikan bahwa lampu rumha anda terutama ruang tamu dan teras anda telah menyalah
  3. titip kunci rumah anda ke tentanga yang telah anda percaya. Hal ini juga sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi kebakaran atau kedaan darurat yang menuntut evakuasi terhadap barang-barang yang ada dirumah anda. otomatis dengan kunci di titpkan ke tetangga ia bisa segera mengambil tindakan tampa harus menunggu anda pulang
  4. pastikan bahwa bahwa tidak ada barang anda yang tidak tersambung dengan arus listrik.  cabut gas anda dari kompor. dan pastikan bahwa semua pintu kamar rumah anda telah terkunci.


semoga libur akhir tahun anda menyengkan dengan keluarga anda..ingat kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelaku tapi kejahatan terjadi karena adanya kesempatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline