Lihat ke Halaman Asli

Candi Simping

Diperbarui: 9 Mei 2023   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto dok. pribadi

Pariwisata merupakan sektor yang ikut berperan penting dalam usaha peningkatan pendapatan. Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam dan keanekaragaman budaya, sehingga perlu adanya peningkatan sektor pariwisata. Hal ini dikarenakan pariwisata merupakan sektor yang dianggap menguntungkan dan sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu aset yang di gunakan sebagai sumber yang menghasilkan bagi Bangsa dan Negara.

Blitar merupakan salah satu kawasan yang memiliki banyak sekali destinasi wisata, dimana memiliki berbagai potensi wisata berupa keindahan alam, seni budaya, dan adat istiadatnya di setiap daerah. Salah satunya adalah wisata Candi Simping. 

Candi Simping berlokasi di Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.  Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan candi ini pertama kali ditemukan oleh Johannes Elias Teijsmann pada 30 Juli 1854, yang termuat dalam catatan belanda “Natuurkundig Tijdschrift Voor Nederlandsch Indie” yang diterbitkan di Batavia pada tahun 1856, pada saat itu disebut dengan nama candi Soengkoep, kemudian pada tahun 1908 Knebel menyebutkan adanya gundukan tanah pasir yang berserakan batu-batu candinya, hal ini tertuang dalam ROD, Hoepermans tahun 1864-1867 tulisannya termuat dalam ROD 1913 memberitakan adanya bangunan candi yang sudah dalam keadaan runtuh di Desa Sumberjati ( Direktorat PPCB, 2012: 246). . Selain itu, kawasan ini juga menjadi tempat wisata sejarah. 

Berikut saya sisipkan link youtube tentang Candi Simping:

 


Akses jalan menuju Candi Simping tergolong cukup bagus. Kendaraan roda 2 maupun roda 4 dapat melewati jalan ini. Untuk tempat parkir juga sangat dekat dengan candi, sehingga tidak perlu takut lagi capek jalan kaki. 

Tapi ingat, JAGALAH KEBERSIHAN SELALU......




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline