Bab I
Pendahuluan
Berbagai jenis makan ringan dapat dengan mudah ditemui dipasaran, minimarket, atau warung sembako, permasalahannya tidak semua makanan ringan memberikan manfaat pada para konsumen, makanan ringan tersebut hanya memberikan rasa lezat dan cenderung bersifat aditif untuk mengkonsumsinya. Keberadaan makan ringan ini menjadi sulit dihindari, karena sifatnya yang murah dan mudah dijangkau, dan dapat memberikan alternatif sebagai penunda rasa lapar para konsumennya.
Salah satu jenis makanan ringan tersebut adalah es krim. Layaknya jenis camilan lainnya, es krim memberikan rasa manis yang aditif, dan dapat mengakibatkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan, salah satunya adalah obesitas. Es krim menjadi sulit untuk dihindari untuk tidak dikonsumsi, sehingga cari lain agar es krim dapat memberikan manfaat lebih selain hanya dengan rasa manis, akan lebih baik jika kandungan es krim dapat ditambahkan dengan bahan yang lebih bernutrisi. Sehingga es krim tidak sekadar menjadi camilan, namun juga dapat menjadi makanan ringan yang bermanfaat. Salah satu bahan alternatif yang dapat dijadikan dijadikan bahan kandungan es krim adalah sayur.
Sayur, mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, serat, antioksidan, serta zat gizi esensial lainnya yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, sayur juga dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Ironisnya, segudang manfaat es krim ini tidak sebanding dengan minat masyarakat khususnya anak-anak dan remaja dalam mengkonsumsi sayur. Mereka cenderung akan lebih memilih makanan ringan lainnya yang lebih menarik, khususnya dengan rasa manis.
Menjadi hal yang unik jika sayur dan es krim dapat dikombinasikan sebagai alternatif makanan ringan masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja, untuk dapat menikmati es krim dan mendapatkan manfaat sayur sekaligus. Dari es krim yang berbahan sayur, konsumen akan mendapat manfaat dari kandungan susu dan nutrisi sayuran yang menjadi bahan utama pembuatan es krim.
Permasalahan selanjutnya yang akan dihadapi dalam mengembangkan ide bisnis ini adalah, bagaimana cara memasarkan varian baru produk es krim ini kepada masyarakat, karena varian ini masih tergolong baru sehingga perlu usaha lebih untuk mengenalkannya kepada masyarakat. Dilain sisi, masih sedikitnya pemain dalam varian es krim ini, menjadi potensi tersendiri jika produk tersebut dapat diproduksi dan dikembangkan dengan baik.
Bab II
Business Model Canvas
Gambar diatas merupakan business model canvas dari produk Vegetables Ice Cream, yang dijelaskan pada poin-poin berikut: