Lihat ke Halaman Asli

Evaluasi Program Baca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Iman

Diperbarui: 24 Oktober 2023   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa evaluasi itu merupakan suatu kegiatan yang disusun secara sistematis untuk mengumpulkan informasi data, menganalisis dan menentukan nilai berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk mengambil suatu keputusan. Adapun program ialah suatu rancangan kegiatan yang dibentuk untuk suatu tujuan tertentu. 

Program terbagi kedalam dua bentuk, yaitu program jangka pendek dan program jangka panjang. Program jangka pendek merupakan suatu program yang yang pelaksanaannya hanya memerlukan waktu singkat. Program jangka panjang ialah program yang pelaksanaannya memerlukan waktu lama untuk mengetahui dan melihat hasilnya. 

Dengan demikian, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa evaluasi program itu merupakan suatu kegiatan yang disusun secara sistematis yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan suatu program, apakah program tersebut sesuai dengan standar yang telah ditentukan atau belum dan dapat mengambil keputusan mengenai kelanjutan dari program tersebut. 

Adapun di pondok pesantren Nurul Iman ditinjau dari lamanya waktu pelaksanaan terdapat 2 Program terkait dengan pembinaan Baca Kitab Kuning yaitu program hangka pendek dan program jangka panjang. Untuk program jangka pendek itu diterapakan kepada santri yang belajar cecara Takhossus. Program yang sekarang sedang berlangsung yaitu program 4-6 bulan bisa baca kitab kosong/gundul ; Jurumiyyah, Safinah dan Tijan. Metode yang digunakan dalam program tersebut yaity metode Talqin dan sorogan. 

Adapun evaluasi dari program tersebut yaitu dengan menggunakan metode Tes acak oleh hadirin yang menyaksikan tes tersebut di forum umum dengan cara mengajukan pertanyaan dan membaca dihalaman tertentu secara acak. Tes tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana capaian hasil belajar santri melalui program yang telah dilaksanakan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline