Lihat ke Halaman Asli

Widyasena_236

Mahasiswa

Penyebaran Islam Melalui Kesenian di Indonesia

Diperbarui: 7 Juni 2022   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia merupakan negara multikultural, yaitu memiliki keragaman adat istiadat, budaya, bahasa, etnis, dan kepercayaan. Meski Hindu dan Budha merupakan agama tertua yang masuk ke Indonesia, namun saat ini Indonesia merupakan negara dengan mayoritas pemeluk agama Islam terbesar di dunia.

Islam adalah agama yang terbuka dan fleksibel. Agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. ini boleh diikuti dan dipeluk siapapun yang bersedia mempercayainya. Semua aspek kehidupan sudah diatur dalam Islam. Cakupan yang diajarkan dalam kajian agama islam sangatlah luas dan tak ada satupun ilmu yang terlewati dalam kajian agama islam, sangat tidak bisa kalau hanya dilihat dari satu sudut pandang saja. 

Dalam sejarah, penyebaran agama Islam di Indonesia berlangsung dengan cepat. Ajaran islam yang menjunjung tinggi nilai ketakwaan, kedamaian, juga kesetaraan antar manusia ini menarik minat masyarakat Indonesia untuk menerima dan memeluk agama Islam. 

Hal ini dapat dilihat dari adanya kerajaan-kerajaan Islam atau kesultanan di berbagai wilayah Indonesia. Terdapat beberapa sarana penyebaran Islam di Indonesia sehingga bisa tersebar dan perkembangannya sangat pesat di nusantara, salah satunya adalah melalui seni dan budaya.

Islam sangat menghargai seni dan kebudayaan. Kesenian dan kebudayaan adalah cara yang dianggap paling efektif dalam berdakwah. Melalui sistem yang diterapkan tersebut, membuat masyarakat Indonesia lebih mudah memahami nilai-nilai Islam melalui seni tanpa adanya kekerasan.

Nilai seni dalam Islam mendapat penghargaan yang sangat tinggi bahkan selalu mendapat dukungan yang positif dari lingkungan kehidupan warga muslim. 

Semua jenis corak seni baik seni rupa, seni sastra maupun seni musik selalu mendapat dukungan positif dalam perkembangan kemajuan sejarah umat Islam. Syarat penting untuk mendapat dukungan positif dari umat Islam, adalah nilai seni tersebut harus menunjukkan nilai akhlak dan peradaban yang baik, santun dan saling mencintai nilai-nilai religius yang ada dalam ajaran Islam.

Seni dalam ajaran Islam adalah ekspresi keindahan tentang alam, kehidupan, juga manusia yang sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam serta mempertemukan dengan kebenaran. 

Seni Islam merupakan seni yang berpedoman pada aqidah Islam yaitu pengesaan kepada Allah SWT. M. Abdul Jabbar Beg berpendapat, suatu seni akan menjadi islamis, jika seni mengungkapkan pandangan kehidupan muslim yaitu dengan konsep tauhid (Beg, 1981: 2-3). 

Berkembangnya agama Islam melalui seni budaya dapat dilihat pada seni bangunan, seni pahat, seni tari, seni musik, dan seni sastra. Melalui seni budaya inilah kalangan ulama seperti Wali Songo mengajarkan Islam melalui pendekatan budaya agar mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Wali Songo berperan besar dalam penyebaran Islam melalui seni di Indonesia. Sunan Giri misalnya, beliau berdakwah dengan menciptakan permainan anak seperti Jelungan, Lir-ilir dan Cublak Suweng, serta beberapa gending seperti Asmaradana dan Pucung. Adapun Sunan Bonang, beliau mengubah gamelan Jawa yang saat itu kental dengan estetika Hindu menjadi gamelan khas Jawa yang menggunakan instrumen bonang. Beliau juga merupakan sosok di balik tembang "Tombo Ati". 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline