Lihat ke Halaman Asli

Sandi Herman

Akademisi

Mendali Emas SEA Games 2023 Menjadi Langkah Awal Timnas Indonesia Merajai Asia

Diperbarui: 20 Mei 2023   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola.net

Pederasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) boleh dikatakan sukses  pada ajang SEA Games 2023 yang diadakan di Kamboja dalam cabang olahraga sepak bola dibawah kepelatihan Indra Syafri. Timnas U-22 atau lebih dikenal dengan Pasukan Garuda Muda menyapu bersih semua pertandingan hingga menembus partai final dengan menaklukkan Timnas U-22 Thailand dengan skor 5-2 secara dramatis.

Akhirnya penantian panjang Timnas Indonesia pada ajang SEA Games sejak 32 tahun lalu, terjawab sudah pada SEA Games 2023 di kamboja dengan meraih mendali emas. Hal ini tidak terlepas dari tanggan dingin seorang pelatih asal Sumatera Barat Indra Syafri, bersama dengan jajaran official nya dalam menyiapkan TIM yang akan dibawa pada ajang SEA Games 2023, serta menentukan taktik-taktik yang akan diterapkan pada ajang tersebut demi mencapai target mendali emas yang telah lama dinantikan seluruh Rakyat Indonesia.

Selain itu, berkat do'a dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia serta dukungan dari Pederasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya perjuangan berat dengan mental baja Rizky Ridho dan kawan-kawan patut kita apresiasi atas pencapaian mereka yang telah menghentikan puasa juara selama 32 tahun lamanya. Dan pada akhirnya, di SEA Games 2023 Kamboja mereka mampu menoreh prestasi sebagai juara di ajang sepak bola.

Oleh sebab itu, mendali emas yang dipersembahkan Rizky Ridho dan kawan-kawan merupakan langkah awal bagi Timnas Indonesia untuk merajai kejuaraan lainnya bahkan menjadi raja di Asia Tenggara dan di ASIA. PSSI selaku induk pederasi sepak bola Indonesia harus mempertahankan TIM yang telah dibentuk oleh pelatih agar kedepannya lebih solid. selain itu, PSSI juga harus mempersiapkan pemain dari usia dini secara perfesional serta memperbaiki Fasilitas Inprastuktur yang ada di Timnas,SSB dan Club. 

masalah lainnya adalah Jadwal pertandingan pada liga di Indonesia juga harus terstruktur dan tidak bentrok dengan jadwal pertandingan TIMNAS Indonesia. Tidak hanya itu, Club-club yang ada di liga juga mestinya memberika menit bermain kepada pemain-pemain muda, hal ini penting dilakukkan untuk oleh club guna mendukung program-program timnas Indonesia supaya bisa berbica banyak bukan hanya di kancah SEA Games akan tetapi di kancah ASIA dan Dunia. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline