Lihat ke Halaman Asli

Sandi Herman

Akademisi

Sukses Melaksanakan Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2022-2023 di SMP Negeri 4 Pengabuan

Diperbarui: 18 Mei 2023   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto : S. Herman

Pengabuan- SMP Negeri 4 Pengabuan merupakan salah satu Sekolah Negeri yang berada pada kecamatan Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. SMP Negeri 4 Pengabuan yang beralamat lengkap jalan Desa Parit Pudin telah selesai melaksanakan Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk 10 (sepuluh) Mata Pelajaran 7 (tujuh) di antaranya merupakan Mata Pelajaran Wajib dan 3 (tiga) Mapel lainnya merupakan Mata pelajaran pilihan.

Wisnawati, S.Pd salah satu wali kelas 9 (sembilan) SMP Negeri 4 Pengabuan Menerangkan bahwa " Alhamdulillah, Hari ini Senin tanggal 15 Mei 2023 merupakan hari terakhir bagi Peserta Didik Kelas 9 dalam pengabilan nilai Ujian Sekolah (US). Sebelumnya Ujian Sekolah atau biasa di sebut (US) ini dijadwalkan  selesai pada hari sabtu 13 Mei 2023, panita menginformasikan kepada saya bahwa ada pelaksaan ujian praktikum Mata Pelajaran Prakarya di hari senin," pungkasnya setelah di wawancarai.

Kemudian, Wisnawati, S.Pd juga menjawab pertanyaan yang di lontarkan kepadanya terkait harapan bagi Peserta Didik yang telah mengikuti Ujian Sekolah (US) di SMP Negeri 4 Pengabuan? " harapan saya tentunya juga harapan kita semua sebagai majelis guru SMP Negeri 4 Pengabuan berharap semua peserta yang telah mengikuti Ujian Sekolah (US) bisa lulus 100 % dengan nilai yang bagus dan memuaskan tentunya, selain itu, kami berharap juga kepada  Peserta (US) jika nanti lulus agar dapat melajutkan sekolah ke jenjang berikutnya." ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Surat Edaran yang di keluarkan oleh Kemdikbudristek Nomor 1 Tahun 2021 di antaranya memuat seperti berikut :

Sumber Foto : S. Herman

Sejak tahun 2021 Ujian Nasional (UN) ditiadakan dan di ganti dengan Ujian Sekolah (US) dikarena covid-19. Ketentuan Kelulusan dikembalikan kepada pihak sekolah dengan mengabil nilai dari 5 semester dan nilai ujian Sekolah (US) penjelasan yang di sampaikan oleh Ketua Pelaksana Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2022/2023 di SMP Negeri 4 Pengabuan.

Pada sisi lain Ketua Pelaksana Ujian sekolah (US) Tahun Pelajaran 2022/2023 juga menerangkan bahwa " Kami SMP Negeri 4 Pengabuan mengucapkan Alhadulillah atas bersyukurnya atas suskesnya pelaksaan Ujian Sekolah (US) pada tahun 2022 ini, harapan kan semoga semua peserta ujian mendapatkan nilai yang bagus dan melajutkan sekolah pada jenjang berikutnya".

Hal ini senada dengan pendapat kepala SMP Negeri 4 Pengabuan Bapak Jamli Panjaitan, S.Pd menyebutkan " Puji Syukur ya kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa telah terlaksanakannya Ujian Sekolah (US) di SMP Negeri 4 Pengabuan,. Terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam Meng-sukses kan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) yang di laksanakan mulai tanggal 08 s.d 15 Mei 2023, semoga semua peserta dapat lulus 100 % dan bisa melajutkan pendidikannya kepada jenjang yang lebih tinggi". Saat diwawancarai ketika penilaian praktikum prakarya disekolah.

Sumber : S. Herman

Diketahui bahwa SMP Negeri 4 Pengabuan dalam pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tahun pelajaran 2022/2023 untuk mapel yang selain praktikum menggunakan Aplikasi Ujian Berbasis Website. Aplikasi ini sudah digunakan sejak 3 tahun belakangan tentunya telah melakukan berbagai macam perbaikan oleh Teknisi SMP Negeri 4 Pengabuan ungkap Ketua Pelaksana Ujian Sekolah setelah di wawancarai  mengenai sistem pelaksanaan Ujian Sekolah.

Sumber : Zaihiefni

Setelah kami melakukan koordinasi dengan salah satu admin pemegang dan pengembang Aplikasi Ujian di SMP Negeri 4 Pengabuan saat di temui di ruang guru menjelaskan bahwa " Alhadulillah kami telah menggunakan Aplikasi Ujian berbasis Website menggunakan hosting sudah 3 tahun lebih kurang kami gunakan. Untuk kendala palingan jaringan yang tidak stabil di sekolah itu pun kami mengatasinya dengan berbagai opsi salah satunya menunda pelaksanaan ujian, itu pun jika jaringan hilang atau mati lampu, tapi untuk pelaksanaan ujian sekolah untuk tahun ini alhamdulillah tidak ada kendala dan berjalan dengan sukses". ungkapnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline