Lihat ke Halaman Asli

Prodi PGSD Melaksanakan Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Digital Terdiferensiasi Kurikulum Merdeka Berbasis Microlearning bagi Guru SD di Sukabumi

Diperbarui: 24 Juli 2024   20:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: 01. dokumen pribadi

Bandung, 15 Juni 2024, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sukabumi dengan tema "Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Digital Terdiferensiasi Kurikulum Merdeka Berbasis Microlearning bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi" yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih oleh 35 orang peserta dengan dipandu oleh MC Ervita Triani, mahasiswa PGSD FIP UPI angkatan 2020. Kegiatan dimulai pada pukul 08.10 WIB dengan salam, sapa, dibuka dengan  "Basmallah" dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Shifa Markhamah, mahasiswa PGSD angkatan 2020 dan sambutan dari Ketua Pengabdian kepada Masyarakat, Bapak Dr. Sandi Budi Iriawan, M.Pd, dalam sambutannya pada saat mengawali kegiatan PkM ini disampaikan bahwa, "...tujuan utama kegiatan PkM ini adalah menambah wawasan para guru supaya mandiri dalam menyusun modul ajar digital terdiferensiasi kurikulum merdeka berbasis microlearning di SD".

sumber: 02. dokumen pribadi

Selanjutnya adalah kegiatan pematerian dari ketiga narasumber hebat. Kegiatan PkM ini dilaksanakan secara panel yang diawali dengan pemaparan dari narasumber pertama yaitu Dr. Sandi Budi Iriawan, M.Pd. mengenai "Kerangka Dasar dan Bedah Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka".

sumber: 03.dokumen pribadi

Materi yang disampaikan Oleh Dr. Sandi Budi Iriawan, M.Pd. adalah mengenai tujuan, prinsip, karakteristik, landasan filosofis, landasan sosiologis, dan landasan psikopedagogis kurikulum merdeka. Pematerian ini juga membahas mengenai kodrat anak vs wijsheid (bersih budi), mispersepsi implementasi kurikulum merdeka, dan hakikat kurikulum merdeka. Setelah penyampaian materi pada sesi pertama, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipimpin oleh Dayanti selaku moderator.

Pematerian yang kedua adalah mengenai "Pembelajaran Terdiferensiasi" oleh Ibu Andhin Dyas Fitriani, M.Pd. yang berfokus kepada pengenalan secara detail mengenai pembelajaran terdiferensiasi bagi siswa sekolah dasar.  Setelah penyampaian materi pada sesi pertama, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipimpin oleh Aini Nurfadhillah selaku moderator.

sumber: 04. dokumen pribadi

Pematerian terakhir mengenai "Modul Ajar Digital Terdiferensiasi berbasis Microlearning" oleh Ibu Rosiana Mufliva, M.Pd. yang berfokus kepada cara mengembangkan modul ajar digital terdiferensiasi berbasis microlearning. Kegiatan ini berlangsung sangat interaktif dan guru-guru sangat antusias mengikuti kegiatan pematerian pada sesi ini.

sumber: 05. dokumen pribadi

Pada sesi ini dilakukan pula pengarahan tugas peserta oleh Ibu Rosiana Mufliva, M.Pd. Kegiatan selanjutnya adalah ice breaking dan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh Citra Nur Annisa selaku moderator.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline