Lihat ke Halaman Asli

Hari Kartini Tanpa Kebaya

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1334986019686525971

Hari Kartini... membahas tentang hari yang satu ini memang tidak pernah ada habis nya, setiap tahun selama bulan April, beberapa instansi merencanakan tentang bagaimana mereka akan merayakan hari kelahiran Raden Ajeng Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April ini. Pakaian adat Indonesia mulai dari Jawa, Sunda, bahkan Padang, nyaris meramaikan beberapa sekolah Taman Kanak-kanak ataupun Sekolah Dasar yang merayakan hari Kartini. Bukan hanya sekolah, bahkan kini beberapa instansi yang bergerak dibidang jasa-pun ikut merayakan hari Kartini dengan kebaya-kebaya cantik yang dikenakan beberapa Staff wanitanya.

..

[caption id="attachment_172940" align="aligncenter" width="300" caption="Perayaan Hari Kartini di sebuah Instansi Swasta (http://tribun.news.com/)"][/caption]

..

Dan setiap hari kartini ini pula, saya jadi ingat bagaimana saya sendiri merayakannya sewaktu sekolah dulu. Seingat saya, di sekolah dasar (SD) saya dulu, yang di wajibkan mengenakan pakaian adat pada hari Kartini hanya untuk murid-murid kelas satu dan kelas dua saja. Dan kebetulan sewaktu saya kelas satu ketika hari Kartini tiba saya sedang sakit, sama sekali tidak bisa mengikuti perayaan Kartini disekolah saya, sedih juga rasaya waktu itu, tapi mau bagaimana lagi.

..

Sampai tiba akhirnya Perayaan Kartini ketika saya duduk di kelas dua, dan saat itu juga saya menderita sakit yang tidak memungkinkan buat saya untuk memakai kebaya, padahal kebaya sudah dipesan jauh-jauh hari, tapi apa daya saat memakai kebaya, keringat mengucur di seluruh tubuh saya.

..

Tapi  disaat sudah hilang kepercayaan diri, akhirnya tercetuslah sebuah ide dari Ibu saya supaya saya mengenakan pakaian ala Eropa, kebetulan saat itu sedang Booming 'sinetron ala Barat' di TVRI berjudul "Little Missy" (klo ga salah judulnya itu).. dan saya juga sedang kesemsem sama 'kebaya' ala Eropa yang dikenakan pemainnya, jadilah di Hari Kartini saya seperti ini bentuknya :

..

[caption id="attachment_172932" align="aligncenter" width="300" caption="Penampilan saya ketika Hari Kartini tahun 1990"]

1334985252581476941

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline