Lihat ke Halaman Asli

Undip Jaya! GALA Expo 2024, Universitas Diponegoro PSDKU K. Batang Melestarikan Budaya Batik Batangan

Diperbarui: 31 Mei 2024   01:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim PDD GALA Expo 2024

BATANG - Pada tanggal 22 Mei 2024, Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Diponegoro Kabupaten Batang berhasil menyelenggarakan "GALA EXPO 2024". Terdapat dua kompetisi dalam acara utama tersebut, Fashion Show dan Menghias Tumpeng.

Diikuti oleh 15 kecamatan di Kabupaten Batang dengan tema "Menjunjung Tinggi Budaya Setinggi Cakrawala." 

Tujuan dari acara yang diselenggarakan bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Batang adalah untuk menjaga dan memperkenalkan budaya batik khas Batang kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batang.

Menurut pidato Kabid Ekraf Disparpora Kabupaten Batang, yang mewakili Ibu Dra. Lani Dwi Rejeki, MM, selaku PJ Bupati Batang, diharapkan masyarakat Batang dapat memanfaatkan acara ini.

Diharapkan para peserta dan masyarakat dapat turut serta melestarikan keindahan dan keunikan yang merupakan kekayaan budaya Kabupaten Batang sekaligus melatih kreatifitas dan keterampilan menghias tumpeng dengan menu wajib khas Batang yakni Megono.

Dalam kompetisi Fashion Show, setiap kecamatan menampilkan parade fashion show yang mengenakan busana bertema formal dan kontemporer yang memadukan batik batangan khas Kabupaten Batang. 

Desainer terkenal di Kabupaten Batang, Mba Duta Wisata Jateng, Pokja TP PKK Kabupaten Batang yaitu Bunda Wullan Vellea, Mba Jeje Garneta, dan Ibu Meisina Tatang Adrenalinda yang merupakan juri dalam kompetisi Fashion Show GALA Expo 2024. Berikut ini adalah para pemenang kompetisi Fashion Show GALA Expo 2024: 

  • Juara pertama : Kecamatan Banyuputih
  • Juara kedua : Kecamatan Blado
  • Juara ketiga : Kecamatan Limpung

GALA Expo 2024 tidak hanya menyelenggarakan kompetisi Fashion Show, namun juga mengadakan kompetisi menghias tumpeng yang menarik.

Lomba yang berbeda kali ini menampilkan hiasan tumpeng terbaik setiap kecamatan Kabupaten Batang, yang menu utamanya adalah Megono.

Ibu Irawati Sri Wulandari, Ibu Sri Winarni, dan Chef Rizky Samudera merupakan juri kompetisi menghias tumpeng. Berikut ini adalah para pemenang kompetisi Menghias Tumpeng GALA Expo 2024:

  • Juara pertama : Kecamatan Tersono
  • Juara kedua : Kecamatan Batang
  • Juara ketiga : Kecamatan Bandar
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline