Lihat ke Halaman Asli

Miras

Diperbarui: 9 September 2015   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

MIRAS atau disebut juga minuman keras, gua disini mau jelasin sedikit tentang apasih itu miras, dan apasih itu dampak dampak kalo kita minum minuman keras seperti itu, biar buat kalian yang kaum muda, atau kaum tua, atau kaum kaum lainnya bisa lebih sedikit berfikir ketika mencoba untuk meminum minuman ini.

Yap, pasti kalian tahu miras itu minuman beralcohol yang dimana di Eropa itu miras digunakan hanya untuk menghangatkan tubuh ketika sedang musim dingin, namun tidak seperti di Indonesia ini miras dijadikan sebagai ajang untuk mabuk mabukan, keren kerenan, dan hal hal lainnya yang diluar akal sehat, kalo kata anak gaul zaman sekarang ‘Lo ga minum? Ah cups banget lo bro.’, padahal mereka tidak tahu apa dampaknya ketika seseorang yang berlebihan mengkonsumsi minuman minuman keras seperti ini.

Langsung gua jelasin aja apa dampaknya ketika orang berlebih dalam mengkonsumsi minuman minuman keras ini, menurut riset dokter, ketika seseorang berlebihan mengkonsumsi alcohol dapat menyebabkan :

  1. Rusaknya saraf
ketika mengkonsumsi alcohol secara berlebihan, mengganggu sistem saraf otak dan menyebabkan kerusakan secara perlahan.
  2. Gangguan jantung, mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat menyebabkan gangguan jantung seperti meningkatnya denyut jantung, sesak napas, dada terasa nyeri, napas tersumbat dan serangan jantung. 
  1. Mengganggu sistem metabolisme tubuh, sistem metabolisme merupakan penghasil tenaga yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Itulah mengapa seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol selalu tidak bersemangat dan tidak berenergi saat beaktivitas, karena sistem metabolismenya telah terganggu. 
  1. Menurunkan kecerdasan
Kandungan berbagai zat berbahaya dalam alkohol menyebabkan kerusakan fungsi otak secara perlahan, termasuk menurunkan kecerdasan, konsentrasi dan daya ingat seseorang.
  2. Menyebabkan kenaikan berat badan
Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kandungan kalori dan kadar gula yang tinggi dalam alkohol menjadi salah satu pemicu naiknya berat badan seseorang saat mengkonsumi alkohol.
  3. Terganggunya fungsi hati,
 yakni menetralisir dan membuang racun dalam tubuh , yang membuat hati jadi rusak atau lever
  4. Menyebabkan tekanan darah tinggi
mengkonsumsi alkohol akan mengaktifkan hormon adrenalin dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Mengkonsumsi alkohol secara berlebih akan meningkatkan resiko terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  5. Ketidaknyaman dalam tubuh
seperti yang diketahui, alkohol memiliki efek gejala fisik seperti sakit kepala, mual, muntah, nyeri, kecemasan dan lain sebagainya yang semuanya menyebabkan ketidaknyaman dalam tubuh.
  6. Memperpendek usia seseorang
Berbagai kerusakan organ-organ tubuh yang terjadi akibat mengkonsumsi alkohol, memperbesar resiko kematian mendadak maupun mengurangi harapan hidup atau memperpendek usia seseorang.

 

Tidak hanya tubuh tapi juga ini dapat berdampak ke seksualiatas seorang seperti:

  1. Disfungsi ereksi dan kemungkinan ketika berhubungan intim membuat bayi lahir cacat
  2. Menurun kualitas sperma jadi memungkinkan seorang yang pecandu miras akan menjadi impoten.
  3. Alkohol menyebabkan penurunan libido atau gairah seksual pada pria dan menghancurkan fungsi seksual tubuh.

So guys, gua udah jelasin semua apa konsekuensi ketika lo menjadi pcecandu minuman keras atau pemabuk, dalam artikel ini gua bukan berarti ngelarang kalian yang peminum atau emang udah hobinya minum untuk berhenti, itu pilihan lo men, gua udah jelasin semuanya, pilihan ada ditangan lo, tinggal lo gimana ngatur itu semua, lo mau jadi orang sehat dengan berumur panjang dan bahagia atau lo mau berakhir dengan umur pendek dengan segala penyakit penyakit yang ada di tubuh lo.

Semoga bermanfaat, thanks for your attention.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline