Lihat ke Halaman Asli

Samuel Ginting

21120119120010/Teknik Komputer/Universitas Diponegoro

Simak! Inilah Strategi Mahasiswa KKN UNDIP dalam Melatih Penggunaan Media Sosial serta Desain E-Commerce yang Sukses Memasarkan UMKM Desa Pucung

Diperbarui: 10 Februari 2023   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Penggunaan digital marketing untuk sarana promosi serta pemasaran produk memegang peranan yang vital bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Digital marketing adalah strategi pemasaran suatu produk dengan menggunakan media digital dan internet. Dengan hadirnya era yang serba digital ini, pelaku usaha ditantang untuk merespon perubahan. Beberapa UMKM di Desa Pucung tidak menggunakan media sosial atau e-commerce sebagai platform penjualan.

Samuel Imanta Ginting (22, Mahasiswa Teknik Komputer Universitas Diponegoro)  mengadakan program "Memberdayakan UMKM melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi" sebagai mahasiswa ilmu komputer yang sedang menjalankan KKN di Desa Pucung. Hal ini sesuai dengan dua poin SDGs yaitu pada Poin 1 yaitu "No Poverty" dan Poin 8 yakni "Decent Work and Economic Growth". 

Tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan kesadaran di kalangan UMKM tentang pentingnya pemasaran digital dan memperkenalkan aplikasi digital seperti instagram. Terlebih dengan kurangnya awareness pelaku UMKM Desa Pucung dengan esensi daripada pemasaran bagi pelaku bisnis manapun menjadikan permasalahan tersebut sebuah ide untuk terobosan terbaru di Desa Pucung yaitu pemasaran melalui media sosial serta desain grafisnya, dengan supervisi dari Samuel.

Realisasi program kerja dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Januari 2023, dalam bentuk pelatihan terkait pembuatan media sosial dan desain pemasaran UMKM Kelompok Wanita Tani (KWT) Giri Asri di Desa Pucung dalam meningkatkan pemasaran. Bentuk kegiatan meliputi pemberian materi edukasi, tanya jawab seputar materi, dan pembuatan akun instagram bisnis pada para pelaku UMKM. Peserta dalam program ini adalah beberapa pelaku UMKM yang ada di Desa Pucung, terlebih Kelompok Wanita Tani (KWT) Giri Asri. Tentu menjadi hal yang baru dan asing bagi para mitra UMKM di Desa Pucung. Namun, seiring berjalannya pelatihan, menghasilkan respon yang sangat positif dari para pelaku UMKM Desa Pucung. Mereka merasa pelatihan ini sangat membuahkan manfaat dalam perkembangan usaha mereka sehingga tepat sasaran untuk konsumen. Implikasi daripada pelatihan ini adalah User Interface menjadi sesuai dengan branding KWT Giri Asri yang sangat menarik dan juga mudah dijangkau oleh konsumen produk diluar Desa Pucung sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan.

20082021032858-desa-kalipoh-kebumen-doc-pdf-63e5d06d08a8b545fa16ed12.png

Seiring keberjalanan KKN hingga berakhir, masih dilakukan pemantauan serta peninjauan kepada KWT Giri Asri untuk mengetahui kendala yang dialami selama pelaksanaan program ini. Bahkan, KWT Giri Asri dapat berkonsultasi secara teknis kepada Samuel walau KKN sudah berakhir. Harapannya setelah adanya program ini, dapat meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terhadap digital marketing, dapat memudahkan UMKM dalam memasarkan produknya dan dapat menjangkau wilayah yang lebih luas lagi, serta dapat membantu meningkatkan penjualan UMKM.

Penulis : Samuel Iamanta Ginting, S1 Teknik Komputer, NIM.21120119120010, KKN Tim 1 UNDIP 2022/2023.

DPL:


Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D.
Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn
Rosa Amalia, S.Pi., M.Si

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline