Lihat ke Halaman Asli

Samsul Bakri

Masih belajar menulis

Teori Perubahan Sosial: Konflik Agraria dan Kerusakan Hutan di Indonesia

Diperbarui: 22 Maret 2022   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Roosevelt menyebut mereka "paru-paru Bumi," Robert Frost dan jutaan penyair terinspirasi oleh mereka, dan Sting berjuang untuk menyelamatkan mereka. Kita berbicara tentang hutan. Dan selebriti bukan satu-satunya yang merasakan hubungan yang kuat dengan mereka. 

Kita semua melakukannya. Hanya berjalan-jalan di hutan dapat menenangkan dan menyegarkan indra kita. Faktanya, hutan sangat penting bagi masa depan planet kita sehingga PBB menyatakan 21 Maret sebagai Hari Hutan Internasional. 

Selama bertahun-tahun sekarang, perayaan global yang menakjubkan ini telah menciptakan kesadaran di seluruh dunia tentang pentingnya hutan. Mereka adalah salah satu kekayaan alam terbesar kita yang harus kita lestarikan dan lindungi.

Hutan Indonesia adalah hutan tropis terbesar ketiga di dunia dan salah satu hotspot keanekaragaman hayati terbesar di Bumi. Indonesia adalah rumah bagi 10% hingga 15% dari semua tumbuhan, mamalia, dan burung yang dikenal di planet ini. Dari orangutan hingga harimau sumatera hingga burung cendrawasih yang luar biasa, spesies langka yang terancam punah hanya dapat ditemukan di hutan Indonesia.

Sayangnya, kekayaan hutan tersebut semakin terancam oleh aktivitas manusia. Penelitian yang dilakukan oleh Kimberly (2019) yang menyelidiki penyebab deforestasi di Indonesia, negara dengan salah satu tingkat tertinggi hilangnya hutan alam primer di daerah tropis, setiap tahun antara 2001 dan 2016. 

Dia menggunakan spasial yang tinggi citra resolusi yang tersedia di Google Earth untuk mengkarakterisasi jenis tutupan lahan berikut ini: pemilihan acak peristiwa deforestasi, diambil dari Global Forest Change. 

Terkenal di kawasan, kelapa sawit skala besar dan perkebunan kayu bersama-sama menyumbang lebih dari dua perlima dari deforestasi nasional selama periode penelitian kami, dengan puncaknya pada akhir-akhir ini diikuti oleh penurunan hingga 2016. 

Konversi hutan menjadi padang rumput, yang rata-rata mencapai seperlima dari deforestasi nasional, meningkat tajam dalam dominasi di tahun-tahun setelah periode kebakaran yang cukup besar kegiatan, khususnya pada tahun 2016.

Disini saya akan fokus pada dampak negatif konflik tanah yang terjadi antara pemilik tanah dan perusahaan. Jika ditinjau dari teori perubahan sosial, yang berfokus pada bagian revolusi sosial yang mengatakan bahwa konflik kelas dan pertentangan kelas menjadi awal di masyarakat.  

Konflik berpusat pada klaim saingan atas tanah, dengan masyarakat lokal menuduh perusahaan besar mengambil alih wilayah komunal atau leluhur mereka. 

Sektor perkebunan menyumbang sebagian besar perselisihan ini, 122 kasus pada tahun 2020, menurut laporan KPA, atau meningkat 28% dari tahun sebelumnya. Dalam 101 kasus tersebut, perusahaan tersebut adalah perusahaan kelapa sawit. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline